Lomba Masak Tiwul Goreng di Pacitan Semarakkan Hari Bhayangkara 2022

, Jurnal – Semarak menyambut 2022 di Pacitan, Jawa Timur berbeda dengan lainnya. Di sana, menggelar lomba masak nasi yang bertajuk Kreasi Nasi Goreng-ku.

Sengaja lomba itu digelar untuk mengusung kearifan lokal, yakni masak nasi dari bahan tiwul. Lomba telah dilaksanakan di Mapolsek Pacitan pada Sabtu (25/6/2022) lalu.

Adapun peserta lomba Kreasi Nasi Goreng-ku dari unsur Forkopimca Kota Pacitan, Den AU, Dankamlandu AL, Koordinator Kamlandu, serta anggota kepolisian sektor Pacitan.

Perlu diketahui dari sumber yang didapat, tiwul atau thiwul terbuat dari tepung gaplek atau tepung singkong yang dikeringkan. Bahan makanan itu umum disantap di Jawa Timur seperti Pacitan dan Trenggalek.

Memasak nasi tiwul goreng dengan lebih dulu dihaluskan semua bumbu. Sisihkan. Bikin telur orak-arik, sisihkan. Tumis bumbu halus sampai harum Kemudian dimasukkan nasi tiwul dan telur lalu digoreng sampai bahan tercampur rata.

Lomba nasi goreng kreasi dari bahan tiwul di Pacitan berlangsung sangat meriah. Ketentuan tiap peserta memasak selama 45 menit. Masing-masing peserta pria dengan cekatan meracik bumbu yang disediakan oleh panitia.

Tampak sesekali ada peserta yang kurang piawai menggunakan alat masak sehingga menimbulkan gelak tawa sesama peserta dan juri.

Kapolsek Pacitan AKP Sugeng Rusli Muslan, mengatakan pihaknya sengaja mengambil kearifan lokal dengan kreasi nasi goreng berbahan tiwul yang merupakan makanan khas dari daerah Pacitan.

“Sengaja memang kami mengambil tema kreasi nasi goreng-ku dengan menonjolkan kearifan lokal berupa bahan tiwul yang mudah didapat di daerah kita ini. Sebagian besar warga pacitan kan gemar konsumsi tiwul,” kata Sugeng, Minggu (26/6/2022).

Ia menambahkan pesertanya selain anggota Polsek juga diikuti dari unsur Forkopimca selain mempererat tali silaturahmi juga ikut memeriahkan hari Bhayangkara tahun 2022.

memasak “kreasi Nasi Goreng-ku” ini akan diumumkan saat acara resepsi hari bhayangkara yang akan digelar 1 Juli 2022 di markas Polsek Pacitan,” ujarnya.

Dapatkan update menarik lainnya hanya di , Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.