oleh

Atraksi Demonstrasi Warnai Pembukaan Liga Santri PSSI 2022 di Jombang

Jombang, Jurnal Jatim – Liga Santri PSSI Piala KASAD tahun 2022 yang dipusatkan di Stadion Merdeka Jombang, Jawa Timur telah digelar mulai Senin (20/6/2022) setelah resmi dibuka oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Pembukaan turnamen sepak bola itu dihadiri Panglima Kostrad, Gubernur Jawa Timur dan Forkopimda Jatim serta Bupati Jombang dan Forkopimda Kabupaten Jombang.

Beragam demonstrasi mewarnai pembukaan Liga Santri PSSI 2022 di Stadion Merdeka. Sebelum dibuka, KSAD Dudung meresmikan Monumen Patung Sepak Bola Liga Santri 2022 di pintu masuk Stadion sebelah Barat.

Peresmian ditandai pengguntingan pita serta Penandatanganan Prasasti diiringi Hadrah Ishari kolaborasi prajurit TNI Polri dan para santri.

Atraksi Demonstrasi Warnai Pembukaan Liga Santri PSSI 2022 di Jombang

Opening Ceremony Liga Santri PSSI 2022 dengan demonstrasi Hadrah dari TNI, Polri dan Santri yang diawali dengan Salawat Ya Nabi dibawakan 100 orang Polri, 300 orang prajurit TNI AD dan 200 santri (gabungan).

Dilanjutkan demonstrasi Paramotor oleh 2 orang atlet Para motor dan Flypass atraksi aerobatik 6 pesawat Bonanza dan puspenerbal TNI AL dengan formasi terbang rendah. Dibawakan 2 orang atlet Para motor dan 6 Unit Pesawat Bonanza. TNI AL melaksanakan Flypass dan atraksi.

Demonstrasi Kolone Senapan TNI dan Perpaduan Drumband SMAN 5 Taruna Brawijaya memasuki lapangan dan melaksanakan atraksi dibawakan 157 orang prajurit Yonif Mek 521/DY, juga penayangan short movie pada layar Videotron.

Demonstrasi Drumband Akmil memasuki lapangan yang dibawakan oleh 181 orang Taruni Akmil dan kemudian menampilkan formasi bintang.

Menandai dimulainya pembukaan turnamen sepak bola Piala Kasad Liga Santri PSSI 2022, Jenderal TNI Dudung Abdurachman membacakan pernyataan pembukaan Sepak Bola Piala Kasad Liga Santri PSSI Tahun 2022.

Setelah itu, dilanjutkan penekanan tombol sirine dan secara bersamaan dilepaskan 25 ekor merpati dan 500 balon udara. Selanjutnya Bendera Fair Play dan Bendera Liga Santri memasuki lapangan yang diikuti Tim yang akan bertanding.

KSAD didampingi Ketum PSSI dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menuju ke tengah lapangan untuk melakukan Kick Off tanda dimulainya pertandingan Liga Santri Tahun 2022. Pertandingan pertama antara Tim Pondok Pesantren Tebuireng melawan Tim Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras.

Bupati Jombang Mundjidah Wahab dalam sambutannya mengucap syukur kepada Allah SWT dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada KSAD beserta rombongan yang hadir di stadion Merdeka Kabupaten Jombang, serta meresmikan Patung Sepak Bola Liga Santri Piala KASAD dalam rangka Pembukaan Kompetisi Sepakbola Piala KSAD Liga Santri PSSI Tahun 2022.

“Sungguh merupakan kehormatan dan kebahagiaan bagi kami, Bapak Kepala Staf TNI Angkatan Darat berkenan menyelenggarakan event akbar di wilayah Jombang, serta berkenan meresmikan patung sepak bola di Liga Santri Piala KSAD PSSI Tahun 2022,” tuturnya.

Mundjidah juga menyampaikan ucapan terima kasih untuk Ali perajin patung dari Penanggalan, Dukuh Dimoro, Mojoagung Kabupaten Jombang, Ali Mustofa yang telah menghibahkan patung itu ke pemerintah Kabupaten Jombang.

“Pembuatan patung sepak bola ini dilandasi oleh kecintaan yang tulus Bapak Ali Mustofa sebagai warga Jombang. Sedangkan filosofi pembuatan patung berwajah Denis Bercham dan bertubuh Maradona ini adalah karena kedua orang tersebut mempunyai perbedaan yang mencolok, akan tetapi keduanya mempunyai jiwa semangat dan sportifitas yang tinggi,” ujarnya.

Patung yang diresmikan KSAD diharapkan menjadi pengingat dan pendorong bagi masyarakat Kabupaten Jombang untuk terus menciptakan hubungan dan kerjasama yang baik antara Pemerintah Daerah, TNI dan Polri demi kesejahteraan masyarakat, pungkas Bupati Mundjidah Wahab.