oleh

Pencuri Motor di Jombang Babak Belur Dimassa, Pelaku Ternyata Residivis

Jombang, Jurnal Jatim – Polisi mengungkap identitas terduga pencuri kendaraan motor (Curanmor) milik petani di Jombang, Jawa Timur yang babak belur dihajar oleh warga hingga giginya lepas, Selasa (24/5/2022).

Pelaku diketahui bernama M Fauzi, pria asal Desa Ngemplakrejo Kecamatan Panggungrejo Kota Pasuruan. Fauzi sekarang ditahan di Mapolsek Mojoagung untuk penyelidikan lebih lanjut.

“Terduga pelaku melanggar pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan,” kata Kapolsek Mojoagung Kompol Purwo Atmodjo Rumantyo.

Informasi yang didapat, Fauzi merupakan residivis dengan kasus pencurian. Ia pernah ditahan di Lapas Pasuruan selama 10 bulan karena mencuri sarang burung walet tahun 2012 silam.

Baca berita sebelumnya; Curi Motor Petani di Sawah Jombang, Pria Ini Babak Belur Dimassa Warga

Sebelumnya, seorang laki-laki babak belur dan dilarikan ke Puskesmas Mojoagung, Kabupaten Jombang usai dimassa warga setelah gagal mencuri sepeda motor milik petani yang ditinggal ke sawah, Selasa siang, (24/5/2022).

Terduga pelaku yang memakai kaos putih dan celana hitam tersebut tepergok warga hendak membawa kabur motor kawasaki Kaze milik warga di Jalan Bypass Mojoagung, Desa Betek, Kecamatan Mojoagung Jombang.

Ahmad Basori, salah satu warga mengatakan, awalnya warga curiga dengan gerak-gerik seorang laki-laki di sekitar lokasi yang datang dari arah selatan. Laki laki itu terlihat gelisah seperti akan melakukan pencurian.

“Orangnya dari selatan ke sini jalan kaki. Di sini ya tolah toleh melihat situasi, gak tau dia itu dipantau dari barat,” kata Basori.

Tak lama kemudian, pria tersebut mengambil motor milik petani yang diparkir di pinggir sawah. Motor itu hendak dibawa pergi ke arah selatan dalam kondisi mesin menyala. Setelah berjalan sekitar 50 meter dari lokasi, ia langsung ditangkap ramai-ramai oleh warga.

“Sekitar dibawa 50 meter lalu kita tangkap bersama teman-teman. (Motor) keadaan hidup,  ada yang mengadang dari depan, dan satu menahan dari belakang,” katanya.

Menurut Basori, pelaku dari Mojokerto dan datang ke lokasi dengan cara menumpang gandol) kendaraan. Saat kejadian, banyak warga berada di lokasi. Warga yang emosi, langsung menghajar hingga babak belur.

“Sepeda (motor yang dicuri) milik Nurcholis, sedang bekerja memupuk tanaman di sawah,” ujar Basori, 60, tahun.

Selain terduga pelaku, Polsek Mojoagung juga mengamankan kendaraan yang gagal dicuri pelaku yakni sepeda motor Kawasaki Kaze nopol S 3719 XZ serta kunci leter T yang digunakan untuk melakukan kejahatan.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news dan akun instagram Jurnaljatim.com.