oleh

Malam Hari Warga Tuban Protes Tolak Indomaret Berdiri di Lahan Milik Polisi

Tuban, Jurnal JatimWarga melakukan aksi protes keberadaan toko modern di Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Rabu malam (18/5/2022). Toko Indomaret itu disinyalir atau diduga berdiri di lahan milik keluarga anggota polisi Tuban.

Puluhan warga itu protes karena keberadaan minimarket tersebut berdiri di sekitar toko kelontong warga setempat. Mereka menilai berdirinya ritel tersebut bisa mengancam atau mematikan pendapatan toko tradisional yang ada di desa setempat.

Aksi protes warga pada malam hari dilakukan dengan cara membawa tumpeng raksasa. Di sana mereka berdoa agar toko modern segera ditutup. Usai berdoa, tumpeng itu dimakan secara bersama-sama di sekitar lokasi.

Tak hanya itu, warga juga membawa banner yang bertuliskan ‘Warga di Desa Remen tolak pendirian toko modern Indomaret, Alfamart mengancam toko tradisional, dan lainnya. Banner tersebut terpasang di tembok samping depan toko Indomaret.

“Berdirinya Indomaret dan Alfamart di desa saya ini mematikan pendapatan toko kecil, makanya kita tolok,” ungkap salah satu warga di lokasi kejadian yang mengaku bernama Imam.

Adanya protes penolakan berdirinya Indomaret di desa itu juga dibenarkan pihak kepolisian yang ikut mengamankan jalannya kegiatan tersebut. Dimana, warga mengaku toko kecil akan mati jika Indomaret berdiri di dekat toko tradisional.

“Menurut informasi, mereka (warga) mengaku dengan keberadaan Indomaret ini merasa keberatan. Karena apa, toko-toko kecil ini merasa berkurang penghasilannya,” ungkap Kapolsek Jenu, Polres Tuban, AKP Gunawan Wibisono.

Pihak kepolisian akan menggelar mediasi dengan melibatkan warga yang menolak, pemilik Indomaret, dan pihak terkait lainnya. Salah satu tujuannya agar persoalan itu segera ada solusi dan lancar.

“Kita koordinasikan dengan pemerintah desa dan kecamatan. Agar kegiatan ini lancar semuanya,” ujarnya

Pihak polsek setempat juga tidak menampik keberadaan Indomaret tersebut milik keluarga anggota kepolisian. Pun begitu, kebenarannya akan dilakukan koordinasi dengan melibatkan pihak-pihak terkait.

“Kalau informasinya demikian (milik anggota, red), maka akan kita koordinasikan dulu,” kata Kapolsek Jenu.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news dan akun instagram serta twitter Jurnaljatim.com