oleh

Kuota Haji Kabupaten Tulungagung Tahun 2022 Sebanyak 439 Orang

Tulungagung, Jurnal Jatim Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur menyebutkan kuota haji pada musim haji tahun 2022 di daerah tersebut sebanyak 439 orang.

Jumlah kuota haji pada 2022 itu mengalami pengurangan (penurunan) dibandingkan saat pelaksanaan ibadah haji sebelum masa pandemi COVID-19.

Kepala Kantor Kemenang Tulungagung, Muhajir menyebut penurunan kuota haji asal Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur mengikuti penurunan kuota secara nasional sekitar 45 persen.

Pada musim haji tahun ini, kuota haji untuk wilayah Jawa Timur berjumlah sekitar 15.956 orang. Jumlah tersebut kemudian dibagi ke seluruh Kota dan Kabupaten. Hasilnya, Kabupaten Tulungagung memperoleh kuota 439 jemaah dengan cadangan 51 orang.

“Dari Tulungagung yang akan berangkat 439 orang calon jemaah haji (CJH), kuotanya memang mengalami penurunan mengikuti kuota nasional,” ujarnya, Minggu (15/5/2022).

CJH yang akan berangkat haji pada 2022 ini merupakan mereka yang telah melakukan pelunasan pada 2020 lalu.

Kemudian, pihak Kemenag Tulungagung akan melakukan verifikasi CJH yang bisa berangkat haji dari 996 CJH yang sudah melakukan pelunasan biaya haji pada 2020 lalu.

“Meskipun sudah melunasi biaya haji di tahun 2020 tapi kalau syarat tersebut tidak terpenuhi tidak bisa berangkat tahun ini,” ujarnya.

Ia mengatakan, kendati kuota haji Kabupaten Tulungagung terbatas dan menurun, namun patut disyukuri karena sudah dua tahun ini keberangkatan haji tertunda akibat pandemi COVID-19.

Bagi jemaah yang tidak berangkat tahun ini, mereka akan masuk dalam daftar prioritas di tahun depan. Jemaah yang akan berangkat tahun ini mayoritas mendaftar haji pada tahun 2013 lalu. Calon jamaah haji Indonesia tahun 2022 itu berangkat pertama pada 4 Juni 2022.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news dan akun instagram Jurnaljatim.com.