oleh

Karta Heppiii Tuban Distribusikan 500 Paket Sembako Beras dan Minyak

Tuban, Jurnal Jatim – Lebih dari 500 paket sembako berisi minyak dan beras dibagikan oleh anggota Karang taruna (karta) yang tergabung dalam Heppiii Community Tuban, Jawa Timur.

Ratusan paket sembako itu didistribusikan kepada warga desa yang lokasinya jauh dari pusat perbelanjaan, yakni di Desa Klumpit, Tuban yang memiliki karta bernama Tri Tunggal Jaya.

Koordinator Heppiii Community Tuban Hansen Budijono mengungkapkan program pemberian ratusan paket sembako itu dalam rangkaian Ramadhan Heppiii 2022. Program milik Karta Heppiii Community itu mengambil momen puasa dan usai lebaran untuk menggelar kegiatan sosial.

Selain fokus ke perbaikan fasilitas umum dan tempat ibadah, program tersebut juga ada pemberian paket sembako kepada warga desa yang membutuhkan.

“Di Tuban kami menyasar Karta Tri Tunggal Jaya di Desa Klumpit. Kegiatan diarahkan untuk membantu warga kurang mampu di desa tersebut dengan melakukan baksos. Terkumpul sejumlah dana baik itu dari open donasi maupun dari Heppiii Community,” katanya pada Jumat (20/5/2022).

Uang yang terkumpul tersebut lalu dibelikan sebanyak 500 lebih paket sembako yang berisi minyak dan beras. Sembako dibagikan kepada warga yang berhak sesuai yang telah dipetakan sebelumnya.

“Pemilihan minyak goreng untuk bahan baksos karena hingga saat ini harganya masih tinggi di pasar. Adapun pemilihan sembako ini termasuk beras, dikarenakan memang masih cukup sulit bagi warga untuk mengakses sembako,” jelasnya.

Pertimbangan lain adalah penerima ini adalah warga desa yang terletak di tengah gunung. Sehingga akses membeli sembako harus disertai pengeluaran bensin yang memberatkan warga kurang mampu, apalagi jika tidak memiliki kendaraan.

Secara infrastruktur Desa Klumpit kata dia sudah cukup baik, karena desa ini merupakan lokasi agrowisata yang menyuguhkan keindahan alam berupa perbukitan.

Terdapat kolam renang dan vila-vila untuk menikmati keindahan alamnya. Karena itu sebagian besar sumber utama penghasilan warga desa bertumpu di sektor ini. Termasuk karta Tri Tunggal Jaya, merupakan karta yang dipercaya untuk mengelola wisata di sana.

Untuk program Ramadan Heppiii 2022 ini mengambil tema ‘Bersama Melakukan Kebaikan’. Program itu diikuti 14 kabupaten kota di Jawa Timur, dimulai dari Banyuwangi, Jember, Situbondo, Probolinggo, Jombang, Ponorogo, Madiun, Lumajang, Sidoarjo, Pasuruan, Mojokerto, Kediri, Bojonegoro, dan Tuban.

Aksi sosial tiap daerah tersebut sudah mulai dilakukan sejak pertengahan puasa ramadan hingga setelah lebaran bulan ini.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news dan akun  instagram Jurnaljatim.com.