oleh

Batu Andesit Tercecer Pinggir Sungai di Jombang Diduga Komponen Candi

Jombang, Jurnal Jatim – Belasan batuan andesit yang ditemukan di pinggir sungai di Dusun Betek Selatan, Desa Betek, Kecamatan Mojoagung, Jombang, Jawa Timur diduga komponen dari sebuah candi.

Kepala bidang kebudayaan, dinas pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang Dian Yunitasari mengatakan hasil peninjauan obyek diduga cagar budaya pada Rabu (18/5/2022), batu yang tampak sebanyak 19 buah batuan dengan ukuran berbeda.

“Bahan, bentuk, hingga ragam hias yang ada pada batuan andesit itu diduga merupakan komponen dari sebuah candi,” ujar Dian Yunitasari di kantornya, Kamis (19/5/2022).

Menurut Dian Yunita Sari, ragam hias tumpal dan indikasi ragam hias kala juga ada pada salah satu blok batu yang kondisinya terbengkalai di pinggir sungai tersebut.

“Ragam hias kala (simbol penghalau roh jahat) juga mengindikasikan kekhususan untuk suatu komponen bangunan suci,” ujar Dian menjelaskan.

Batuan Andesit Tercecer Pinggir Sungai di Jombang Diduga Komponen Candi

Disdikbud Jombang saat ini masih belum bisa berbuat banyak terkait dengan penemuan batu andesit tersebut. Disdikbud masih menunggu rekomendasi Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur.

“Kita menunggu rekomendasi BPCB, apakah batu di dalamnya di sekitar situ diduga ada situs yang terpendam, masih akan kita diskusikan,” kata perempuan berjilbab ini.

Dian menandaskan bahwa pihaknya sudah mengirimkan surat ke BPCB Jawa Timur atas penemuan itu. Surat dikirim pada hari ini, Kamis (19/5/2022).

Harapannya, BPCB Jatim segera melakukan peninjauan serta memberikan rekomendasi salah satu temuan batu kuno di wilayah Kecamat Mojoagung tersebut.

“Untuk memastikannya masih akan diteliti, menunggu BPCB meninjau lokasi kemudian rekomendasi kepada kami apakah di situ ada situs cagar budaya-nya,” katanya.

Sembari menunggu rekomendasi dari BPCB Jawa Timur, Dian menambahkan, Disdikbud Jombang berencana memindahkan belasan Batu andesit tersebut ke tempat yang aman.

“Kami juga koordinasi dengan BPCB untuk melakukan pemindahan ke tempat yang aman agar batu tersebut tidak rusak,” imbuh Dian.

Baca sebelumnya: Belum Ada Perhatian, Belasan Batu Andesit Terbengkalai di Jombang

Diberitakan sebelumnya, belasan batu kuno ditemukan di Jombang, Jawa Timur. Batuan Andesit ipenemuantu terbengkalai di pinggir sungai di Dusun Betek Selatan, Desa Betek Kecamatan Mojoagung.

Belasan batu tersebut tampak berceceran di plengsengan sungai dekat jembatan Betek. Tiap ukuran batu tidak sama dan di antaranya ada salah satu batu andesit dengan motif yang cukup unik.

”Ya memang ada batu kuno, lokasinya dekat jembatan dan kelihatan dari jalan,’’ ujar Kepala Desa Betek Kecamatan Mojoagung, M Faruq.

Sementara itu, salah satu warga setempat, Bambang Santoso, (52) mengungkapkan penemuan batu andesit yang ada di pinggir sungai Betek sudah ada sejak dulu.

”Sudah lama batu-batu itu, mungkin sudah ada beberapa tahun yang lalu,’’ ungkapnya ditemui wartawan, Selasa sore (17/5/2022).

Sayangnya, kondisi batu-batu yang diduga memiliki nilai sejarah dari peninggalan masa lampau itu hingga kini tetap tak tersentuh perhatian dari pihak terkait. Hal itu terlihat dari kondisi batu andesit yang masih berserakan.

”Dulu pernah mau dipindahkan sama warga, tapi ditegur petugas dari BPCB,’’ tuturnya.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news dan akun instagram serta twitter Jurnaljatim.com