oleh

Belum Ada Perhatian, Belasan Batu Andesit Terbengkalai di Jombang

Jombang, Jurnal Jatim – Ada belasan buah batu kuno ditemukan di daerah Jombang, Jawa Timur. Batu Andesit itu terbengkalai di pinggir sungai di Dusun Betek Selatan, Desa Betek Kecamatan Mojoagung.

Belasan batu yang diperkirakan berjumlah 16 buah tersebut tampak berceceran di plengsengan sungai yang tidak jauh dari jembatan Betek. Ukuran tiap batu tidak sama, dan di antaranya ada salah satu batu andesit dengan motif yang cukup unik.

”Ya memang ada batu kuno, lokasinya dekat jembatan dan kelihatan dari jalan,’’ ujar Kepala Desa Betek Kecamatan Mojoagung, M Faruq.

Sementara itu, salah satu warga setempat, Bambang Santoso, (52) mengungkapkan penemuan batu andesit yang ada di pinggir sungai Betek itu sudah ada sejak dulu.

”Sudah lama batu-batu itu, mungkin sudah ada beberapa tahun yang lalu,’’ ungkap Bambang ditemui wartawan, Selasa sore (17/5/2022).

Sayangnya, kondisi batu andesit yang diduga memiliki nilai sejarah masa lampau tersebut hingga kini masih belum tersentuh perhatian dari pihak terkait. Hal tersebut terlihat dari kondisi batu andesit yang masih berserakan.

”Dulu pernah mau dipindahkan sama warga, tapi ditegur petugas dari BPCB,’’ katanya.

Belasan batu andesit itu, tidak pindah meski kebanjiran. Bahkan, ketika plengsengan terkikis banjir pada tahun lalu, sejumlah batu lain ikut ambrol dan batu andesit itu tetap berada di tempatnya.

”Kata orang tua saya, di situ ada struktur yang tertimbun tanah,’’ ujarnya mengakhiri.

Sebatas diketahui, batu andesit biasanya banyak digunakan dalam bangunan-bangunan megalitik, candi, dan piramida. Begitu juga perkakas-perkakas dari zaman prasejarah banyak memakai material ini, misalnya sarkofagus, punden, berundak, lumpang Batu, meja Batu, arca dan lainnya.

Andesit merupaksn suatu jenis batuan beku vulkanik, ekstrusif komposisi menengah dengan tekstur afanitik hingga porfiritik. Batuan andesit umumnya ditemukan pada lingkungan subduksi tektonik di wilayah perbatasan lautan seperti di pantai barat Amerika Selatan atau daerah-daerah dengan aktivitas vulkanik yang tinggi seperti Indonesia. Nama andesit berasal dari nama Pegunungan Andes.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news dan akun instagram Jurnaljatim.com.