Walikota Kediri dan Bunda Fey Nglarisi Dagangan Festival UMKM Ramadan

, Jurnal – Wali Kota Kediri, Jatim Abdullah Abu Bakar nglarisi (memborong) dagangan pada acara festival Ramadan 2022 di Lapangan Ngronggo yang berakhir hari ini, Selasa (12/4/2022).

Festival UMKM Ramadan diselenggarakan untuk meningkatkan ekonomi para pelaku UMKM di Kelurahan Ngronggo. Produk yang dijual di sana beragam, mulai dari ringan, jajanan tradisional, minuman, tas dan masih banyak lagi.

Produk tersebut sebagian besar merupakan asli buatan warga Kelurahan Ngronggo. Ada 170 UMKM di 9 RW Kelurahan Ngronggo yang turut serta dalam memeriahkan festival UMKM tersebut. UMKM tersebut juga telah bergabung dalam Paguyuban UMKM Nawasena Kelurahan setelah.

Abdullah Abu Bakar memborong dagangan UMKM itu bersama istrinya Ferry Silviana atau Bunda Fey yang merupakan Ketua Tim Penggerak Kota Kediri, Senin (11/4/2022).

Abdullah mengatakan Pemerintah Kota Kediri memiliki program Nglarisi Dagangan UMKM. Karena selama pandemi ini ekonomi Kota Kediri mengalami penurunan. Maka dari itu, Nglarisi Dagangan UMKM itu salah satu cara yang baik untuk dilakukan.

“Saya minta kepada seluruh warga di Kota Kediri khusunya, ayo kita borong dagangan tetangga kita, dan UMKM Kota Kediri. Supaya ekonomi di sekitar kita bergerak, ini sudah mulai bergerak namun kalau kita nglarisi dagangan UMKM kita jauh lebih bergerak ekonominya,” ajaknya.

Ia mengungkapkan gelaran festival UMKM di Kelurahan Ngronggo mulai 6 April 2022 dan berakhir 12 April 2022. Padahal 3 minggu lagi, musim orang yang akan mudik . Ia pun meminta minggu terakhir di bulan April juga diadakan kembali kegiatan serupa. Sehingga warga dari luar Kota Kediri, bisa mencicipi dan membeli produk-produk buatan warga Kota Kediri.

“Nanti silahkan dirembug lagi, kira kira bagaimana. Jangan lupa, kegiatan ini diunggah di media sosial seperti , Facebook supaya ramai dan semua orang bisa ke sini,” ujarnya.

Sementara itu, Lurah Ngronggo mengatakan festival UMKM merupakan ide dari Paguyuban UMKM Nawasena Kelurahan Ngronggo yang selalu semangat memberikan motivasi dan terkait dengan perizinan, label dan lainnya.

Ia menyebut, omset yang dihasilkan dari acara tersebut sekitar Rp15 juta rupiah. Hal itu dikarenakan semangat warga Kelurahan Ngronggo yang sangat luar biasa.

“Ke depan, Insya Allah akan dibuatkan pojok UMKM yang ada di Kampung Keren Kelurahan Ngronggo Kota Kediri,” ujarnya.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di Google News.