oleh

Tingkatkan Pelayanan, KAI Tebar Takjil Gratis bagi Pelanggan di Stasiun

Madiun, Jurnal JatimHumas KAI Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko menyampaikan pelanggan kereta api (KA) Jarak Jauh yang sedang menunggu di stasiun dan telah melakukan boarding pada pukul 17.00 WIB atau 1 jam sebelum waktu berbuka puasa akan mendapatkan takjil gratis.

Pemberian takjil gratis dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) itu belangsung selama 10 hari terakhir Ramadan atau 22 sampai 1 Mei 2022. Setiap pelanggan akan mendapatkan 1 paket takjil berisikan roti, air mineral, dan kurma yang dapat dimanfaatkan untuk buka puasa.

“Program pemberian takjil gratis ini rutin kami laksanakan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan KA Jarak Jauh selama masa Angkutan Lebaran,” ungkap Manager Humas KAI Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko yang melansir pernyataan VP Public Relations KAI Joni Martinus, Minggu (24/4/2022).

Total sebanyak 34.400 paket disebar di 21 stasiun yaitu Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Kiaracondong, Cirebon, Cirebon Prujakan, Semarang Tawang, Semarang Poncol, Purwokerto, Kutoarjo, Yogyakarta, Lempuyangan, Solo Balapan, Purwosari, Madiun, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, Malang, Jember, Medan, dan Kertapati.

“Dengan adanya Takjil Gratis ini, pelanggan tidak perlu repot menyiapkan makanan dan minuman untuk berbuka puasa saat berada di Stasiun,” kata Ixfan Hendriwintoko.

KAI berpesan kepada pelanggan untuk tetap menerapakan protokol kesehatan dengan segera memakai masker kembali setelah selesai makan dan minum.

Menurut Ixfan, KAI konsisten menegakkan protokol kesehatan (Prokes) sesuai aturan dari pemerintah untuk menjadikan perjalanan mudik dan balik menggunakan kereta api yang selamat, nyaman, dan sehat.

“Dengan adanya program Takjil Gratis ini diharapkan semakin banyak masyarakat yang menggunakan kereta api sebagai moda transportasi pilihan di masa Angkutan Lebaran ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Irfan mengatakan, KAI mencatat pada keberangkatan H-9 Lebaran atau Sabtu (23/4/2022), sebanyak 73.574 pelanggan menggunakan kereta api ke berbagai daerah pada masa mudik dengan okupansi mencapai 63 persen dari 116.521 tempat duduk yang disediakan.

Adapun kumulatif pemudik yang menggunakan kereta api pada H-10 dan H-9 atau 22 dan 23 April yaitu sebanyak 140.715 pelanggan, dengan okupansi mencapai 60 persen.

Secara umum sampai dengan 24 April, untuk periode keberangkatan 22 April s.d 13 Mei, KAI telah menjual 1.444.135 tiket atau 56 persen dari total kapasitas tempat duduk KA jarak jauh yang disediakan. Tanggal yang menjadi favorit masyarakat untuk mudik adalah keberangkatan 29 dan 30 April, atau H-3 dan H-2 Lebaran.

“KAI mengajak masyarakat untuk dapat segera mudik menggunakan kereta api untuk mengurangi kepadatan menjelang hari lebaran. Hal itu juga sesuai anjuran Presiden RI Joko Widodo yang meminta masyarakat untuk mudik lebih awal dan menggunakan angkutan kereta api,” tutup Ixfan.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news dan akun instagram Jurnaljatim.com