oleh

Emak-emak di Kediri Dilatih Membuat Hidangan Pembuka Non Tepung

Kediri, Jurnal Jatim – Menjelang Ramadan 2022, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Kediri, Jawa Timur memberikan pembekalan keterampilan memasak kepada emak-emak yang menjadi anggotanya.

Para perempuan tersebut dilatih membuat hidangan pembuka non tepung terigu (kebab singkong). Pelatihan tersebut sekaligus juga telah dilombakan di SMK Negeri 3 Kota Kediri, Kamis (17/3/2022) kemarin.

Tujuannya menambah wawasan, minat dan mengasah bakat memasak ibu-ibu di Kota Kediri. Selain itu juga untuk meningkatkan produktifitas dan sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan ekonomi keluarga.

“Pelatihan ini dapat dijadikan sebagai motivasi dan menambah insiprasi untuk membuka usaha di bulan Ramadan nanti. Sehingga dapat menjadikan kita sebagai wanita yang mandiri dan bisa menambah pendapatan,” kata Ketua DWP Kota Kediri Novita Bagus Alit, Sabtu (19/3/2022).

Menurutnya tak hanya untuk usaha, adanya pelatihan itu juga dapat memberi inspirasi anggota DWP untuk  membuat menu berbuka puasa bagi keluarga.

“Kebab singkong yang dipraktekkan hari ini, bisa menginspirasi penjenengan untuk mencoba menu-menu kreatif lainnya saat menyiapkan hidangan berbuka,” ujarnya.

Usai mengikuti pelatihan, 36 perwakilan anggota DWP Kota Kediri juga berpartisipasi dalam lomba membuat kebab singkong kreasi. Selain rasa dan tampilan, kreatifitas para peserta lomba menjadi salah satu poin penilaian yang memiliki bobot nilai tertinggi.

Para peserta lomba diperbolehkan untuk berkreasi dengan menggunakan maksimal 5 bahan tambahan yang bisa dibawa dari rumah. Alhasil,  36 peserta mampu membuat kebab singkong dengan rasa dan tampilan yang beragam.

Hasil dari perlombaan tersebut, Juara I diraih oleh DWP Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian dengan jumlah nilai 551, juara II dari DWP Kecamatan Pesantren dengan jumlah nilai 550, juara III dari Bappeda dengan jumlah nilai 541.

Kemudian, juara harapan I dari Satpol PP dengan jumlah nilai 539, juara harapan II dari DWP DPMPTSP dengan jumlah nilai 538 dan juara harapan III dari DWP Dinas Pendidikan dengan jumlah nilai 537.

“Menang kalah dalam suatu perlombaan adalah hal biasa, yang terpenting ilmu dan pengalaman yang diperoleh,” ujar Novita.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di Google News.