oleh

Bus Rombongan Siswa SD Kecelakaan di Tol Jombang, Kenek Tewas

Jombang, Jurnal Jatim – Bus Pariwisata yang ditumpangi rombongan siswa SD asal Ngawi, Jawa Timur terlibat kecelakaan menabrak truk di Jalan Tol Jombang. Akibatnya, kenek bus pariwisata tujuan Bangkalan itu tewas.

 

“Kejadiannya Rabu (9/3/2922 sekitar pukul 23.55, lokasinya di KM 705.400 masuk Desa Blimbing, Kecamatan Kesamben,” kata Kepala Departemen Layanan Operasi Jalan Tol PT AIS, Zanuar Firmanto, dikonfirmasi wartawan, Kamis (10/3/2022).

Zanuar mengatakan, kecelakaan itu bermula saat bus pariwisata PO KJM Putra bernopol K 1412 BL berjalan dari arah Ngawi menuju Surabaya.

Bus itu disopiri Moh Shofi’i, 37, warga Desa Mojo, Kecamatan Cluwak, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Shofii mengemudikan bus dengan kenek Susilo Hadi Sanyoto, 40, warga Desa Sekuro, Mlonggo, Jepara Jawa Tengah.

“Bus ini berjalan di jalur cepat dengan kecepatan 80 kilometer perjam,” kata Zanuar.

Setiba di kilometer 705.400, Sopir menambah laju kecepatan kendaraan bermaksud untuk menyalip kendaraan truk nopol AE 8107 UN yang berjalan di depannya. Truk itu disopiri Sugeng (64) warga Desa/Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan.

Namun, belum juga menyalip sempurna, Sopir bus kehilangan kendali dan malah menabrak truk muatan rongsokan tersebut.

“Truk sedang berjalan dengan kecepatan 50 kilometer perjam, mau menyalip akhirnya malah menabrak bagian belakang truk,” kata dia.

Bagian depan bus sebelah kiri mengalami kerusakan parah usai menghantam bak belakang truk. Bahkan, kenek bus terjepit bodi bus dan meninggal dunia di lokasi.

“Keneknya meninggal, sopir selamat, di dalam bus sedang ada 46 penumpang yang mau ke Pulau Madura,” kata Kanit Gakkum Satlantas Polres Jombang Iptu Emilda Deny Listiawan saat dikonfirmasi.

Emilda menjelaskan, bus itu adalah satu dari enam rombongan bus lain yang berangkat dari Ngawi menuju Madura. Mereka adalah siswa Sekolah Dasar yang sedang rekreasi.

“Seluruh penumpang bus selamat dan dipindahkan ke bus lain untuk meneruskan perjalanan,” imbuh Emilda.

Dari hasil olah kejadian, pihaknya menduga kecelakaan dipicu sopir bus yang berkendara dalam keadaan mengantuk. Untuk pemeriksaan lebih lanjut, bus, truk beserta kedua sopir diamankan di Mako Satlantas Polres Jombang.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di Google News.