oleh

Bimtek Asesmen Nasional SMP di Jombang untuk Tingkatkan Kompetensi

Jombang, Jurnal Jatim – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jombang, Jawa Timur gelar bimbingan teknis pelaksanaan asesmen nasional jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Jombang 2022. Bimtek selama dua hari 14-15 Maret di tiga tempat berbeda.

Adapun peserta bimtek pelaksanaan asesmen nasional jenjang SMP Kabupaten Jombang tahun 2022 adalah Wakasek Kurikulum, Guru Mata Pelajaran Matematika, Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kabupaten Jombang pada 130 SMP.

“Jumlah peserta sebanyak 390 orang, yang terbagi dalam 3 kelas,”kata Kabid Pembinaan SMP Disdikbud Jombang, Agus Sunaryo Handoko, pada Senin (13/3/2022).

Pelaksana Tugas Kepala Disdikbud Jombang, Jumadi mengungkapkan, kegiatan tersebut dilaksanakan mempersiapkan menghadapi asesmen Nasional dengan lebih baik.

Menurut dia, ada begitu banyak strategi pembelajaran yang dapat dilakukan pihak sekolah, khususnya guru, agar siswanya tidak canggung dalam menghadai Asesmen Nasional, terutama mengerjakan soal-soal AKM.

“Pembelajaran yang bagaimanakah itu? Ialah pembelajaran yang meningkatkan kompetensi, karakter, dan iklim belajar. Mengingat AKM merupakan Asesmen Kompetensi Minimum, maka setidaknya siswa harus mencapai level kompetensi minimum dalam pembelajaran di kelas dalam hal ini kemampuan literasi membaca dan numerasi,”ujarnya

Salah satu strategi yang dapat dilakukan dengan mengemas aktivitas pembelajaran menjadi berbagai macam aktivitas yang menyenangkan. Melakukan kolaborasi antar mata pelajaran sehingga ada keterkaitan antara masing-masing kompetensi dasar dalam setiap mata pelajaran.

Untuk menyongsong hal tersebut, kata dia, Disdikbud Jombang perlu membekali pendidik dengan keterampilan materi literasi dan numerasi.

“Meliputi jenis jenis teks literasi, memahami jenis jenis konsep numerasi, memahami teknik teknik mengajarkan literasi dan numerasi dan terampil mengajarkan literasi dan numerasi dalam pembelajaran agar AKM menjadi lebih baik,” tandasnya.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di Google News.