oleh

Sidang Kecelakaan Vanessa Angel di PN Jombang, Joddy Tak Hadirkan Saksi

Jombang, Jurnal JatimTubagus Joddy yang menjadi terdakwa kasus kecelakaan Vanessa Angel tidak mengajukan saksi meringankan dalam sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jombang, Jawa Timur, Kamis (24/2/2022). 

Sidang perkara kecelakaan menewaskan Vanessa Angel dan Febri Ardiansyah alias Bibi di Pengadilan Negeri Jombang, Jawa Timur itu pun berlangsung singkat. Ketua Majelis Hakim Bambang Setyawan menunda sidang pada pekan depan karena terdakwa tidak mengajukan saksi yang meringankan.

Pantauan Jurnaljatim.com, sidang lanjutan dibuka sekitar pukul 13.00 WIB. Sidang di PN Jombang dihadiri kuasa hukum terdakwa dan Jaksa Penuntut Umum (JPU). Sementara terdakwa Joddy mengikutinya secara daring dari Lapas Jombang. Dalam sidang tersebut, majelis hakim menyatakan terdakwa tidak mengajukan saksi yang meringankannya.

“Terdakawa maupun kuasa hukum tidak mengajukan saksi meringankan, jadi kita nanti lanjutkan dengan pemeriksaan terdakwa, ditunda sampai Rabu (2/3/2022). Untuk terdakwa bersabar di tahanan dulu, nanti ada kesempatan untuk terdakwa pada persidangan selanjutnya,” kata Hakim Bambang, Kamis (24/2/2022).

Siswoyo, kuasa hukum Jody menyebut bahwa dari sembilan saksi yang telah dihadirkan JPU ada yang meringankan dakwaan yang diberikan kepada kliennnya.

“Seperti yang kita tahu ada 9 saksi. Saksi fakta menerangkan pasca-kejadian yang menerangkan pas kejadian yakni Siska yang meringankan melalui keterangannya pertama Bibi menegur kecepatan yang kurang cepat, kedua apa yang selama ini beredar adanya bermain HP tidak terbukti,” katanya.

Sehingga, Siswoyo menilai bahwa kecelakaan tersebut murni dari sebuah kelalaian, serta terdapat satu saksi yang dihadirkan JPU meringankan Tubagus Joddy dari dakwaan sehingga tak ajukan saksi lagi.

“Kami sudah berkoordinasi dengan orang tua Joddy dan tak ada saksi yang diajukan. Dan kami beranggapan dari dua dakwaan di Pasal 310 dan Pasal 311 ,Pasal 311 tidak masuk dalam kasus ini,” kata pengacara tunjukan PN Jombang tersebut.

Artis Vanessa Angel dan suaminya Febri Andriansyah alias Bibi meninggal dalam kecelakaan tunggal di Tol Jombang KM 672+300 masuk Desa Pucangsimo, Kecamatan BandarKedungmulyo, Kamis (4/11/2021) siang.

Mobil Pajero nopol B 1264 BJU yang ditumpanginya menabrak beton pembatas jalan tol di sebelah kiri. Sopirnya Tubagus Muhammad Joddy Pramas Setya (24) dan anaknya GL (1,7) dan asisten rumah tangga Siska Lorensa (21) mengalami luka dan selamat.

Tubagus Muhammad Joddy, Sopir Vanessa Angel didakwa pasal berlapis oleh JPU dari Kejaksaan Negeri Jombang. Ia didakwa dengan dakwaan kesatu, pertama yakni pasal 311 ayat 5 UU nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, dan kedua didakwa dengan dakwaan pasal 311 ayat 3 UU RI nomor 23 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

Sedangkan dakwaan alternatifnya atau kedua, pertama melanggar pasal 310 ayat 4 UU RI nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, dan kedua melanggar pasal 310 ayat 3 UU RI nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di Google News.