oleh

Marhaen Harapkan Gerakan Kerja Bakti di Nganjuk Diterapkan Berkelanjutan

Nganjuk, Jurnal Jatim – Gerakan kerja bakti serentak telah dilakukan di 20 Kecamatan di Kabupaten Nganjuk Jawa Timur, Minggu (20/02/2022) pagi. Gerakan itu diikuti oleh Plt Bupati Marhaen Djumadi dan Forkopimda Kabupaten setempat.

Gerakan yang dicanangkan oleh pemerintah setempat tersebut untuk mencegah penyakit demam berdarah, maupun bencana banjir yang diakibatkan kurangnya kebersihan di lingkungan masyarakat setempat.

Marhaen Djumadi dan Forkopimda meninjau dan turun langsung di pelaksanaan Gerakan Kerja Bakti serentak di wilayah Kecamatan Kertosono. Tujuannya memastikan kegiatan gotong royong tersebut berjalan dengan baik.

“Pelaksanaan kerja bakti tadi mulai jam 06.00 hingga 09.00 WIB,” tutur Kang Marhaen sapaan akrabnya.

Marhaen dan jajaran Forkopimda saat itu mengikuti kerja bakti, dengan membersihkan membersihkan semak belukar di sekitar pasar Kertosono. Parit dan aliran air yang tidak luput dari pantauannya langsung dibersihkan.

Marhaen mengungkapkan terdapat dampak berlapis dapat dipetik dari gerakan sosial itu. Pertama, edukasi kepada masyarakat agar mempunyai rasa memiliki. Kemudian kedua, menumbuhkan semangat gotong royong.

“Serta menghasilkan lingkungan yang bersih dan aman,” ujar pelaksana tugas Bupati Nganjuk tersebut.

Marhaen mengatakan, gerakan tersebut lebih ditekankan agar diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat hingga RT dan RW atau level di paling bawah.

Penekanan tersebut guna melihat kontribusi masyarakat untuk lingkungannya. Serta melihat hasil dari kekompakan masyarakat Nganjuk.

“Jadi kita harap jangan hanya sekedar even aja, tapi bisa diterapkan berkelanjutan,” ujar politisi PDI Perjuangan tersebut.

Lebih lanjut Marhaen menyebut Gerakan Gotong Royong tersebut turut serta menjaga keasrian lingkungan, serta mengantisipasi merebaknya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Gerakan Gotong Royong ini kami harapkan menjadi momentum komunikasi koordinasi, sinergi, dan kolaborasi lintas pemerintah di Kabupaten Nganjuk dalam rangka menyambut Hari Jadi ke 1085 Kabupaten Nganjuk,” pungkasnya.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di Google News.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di Google News.