oleh

Vaksinasi Ribuan Orang di Nganjuk untuk Pertahankan Level Aman

Nganjuk, Jurnal Jatim – Target vaksinasi COVID-19 sampai 60 persen untuk warga lanjut usia (lansia) di wilayah Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, terus digenjot untuk menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity.

Kapolres Nganjuk, AKBP Boy Jeckson Situmorang menjelaskan, pihaknya telah membaca laporan dari Sidokkes Polres Nganjuk bahwa sebanyak 4.471 orang lansia di Kabupaten Nganjuk telah menerima suntikan vaksin COVID-19 dalam sehari, Senin (3/1/2022).

Kegiatan vaksinasi bertajuk gropyokan vaksin TNI-Polri dalam rangka bakti bhayangkara untuk negeri dikoordinir Sidokkes Polres Nganjuk dilaksanakan di 15 titik dengan mengambil tempat di gerai vaksinasi di Polsek jajaran Polres setempat.

Berdasarkan data dari Sidokkes, dari 4.470 orang peserta vaksinasi tersebut, sepertiga di antaranya usia di atas 60 tahun dengan jumlah 1.056 orang.

Boy memerintahkan Sidokkes untuk memberi porsi lebih kepada peserta lansia mengingat ada target 60 persen penduduk lansia di kabupaten Nganjuk harus sudah tervaksin.

“Vaksinasi COVID-19 untuk menciptakan kekebalan kelompok agar penularan COVID-19 bisa ditekan dan Nganjuk serta tetap berada pada PPKM Level 2,” kata Boy dalam keterangannya tertulis, Selasa (4/1/2022).

Boy menegaskan akan tetap mengawal kegiatan vaksinasi dan mengintruksikan petugasnya melakukan secara proaktif dan door to door mencari lansia yang bersedia divaksin COVID-19 namun tetap mengedepankan aturan dan protokol kesehatan yang ada.

“Semua itu kita lakukan demi menekan penularan serta dampak dari virus Corona di masyarakat,” kata Boy.

Lebih lanjut Boy berharap semua upaya itu bisa efektif mencapai herd immunity agar Nganjuk bisa segera keluar dari pandemi dan kehidupan bisa kembali berjalan normal.

Boy juga mengimbau semua masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) meski sudah disuntik Vaksin COVID-19. Masyarakat tetap memakai masker saat di luar rumah, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan serta mengurangi mobilitas.

“Bagi masyarakat yang sudah disuntik vaksin COVID-19 tetap harus prokes demi mencegah penularan COVID-19 di masa pandemi ini,” pesan Boy untuk masyarakat.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Azriel