oleh

Truk Fuso Muatan Mobil Baru Tersangkut di Rel Perlintasan KA Kediri

Kediri, Jurnal Jatim – Kendaraan truk mengangkut sejumlah mobil mewah tersangkut di rel perlintasan kereta api Kediri-Susuhan hingga sempat akibatkan terganggunya perjalanan kereta api (KA) yang melintas di jalur tersebut, Selasa siang, (18/1/2022).

Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko mengungkapkan, PPKA (Pengatur Perjalanan Kereta Api) Stasiun Kediri meneruskan laporan dari petugas penjaga jalan lintasan (PJL 286) bahwa di lokasi tersebut terdapat truk muatan mobil tersangkut di perlintasan.

“Di jalur KA perlintasan 286 antara Kediri-Susuhan,” kata Ixfan dikonfirmasi JurnalJatim.com, Selasa (18/1/2022) sore.

Menurut Ixfan truk yang tersangkut itu adalah truk mitsubishi Fuso bernopol B 9190 UIV, dikemudikan Sariman, warga Desa Jembayat, Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

“Pemilik truk PT Tristar Java Transindo. Truk muatan mobil baru,” kata Ixfan.

Ketika melintas dari jalur satu arah Kediri-Susuhan, dekat area Kediri Town Square, tiba-tiba truk tersangkut di jalur perlintasan tersebut. Kemudian, petugas  bergerak cepat melakukan evakuasi.

Karena penuh dengan muatan mobil mewah baru, proses evakuasi truk fuso memerlukan waktu. Akhirnya, dilakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait dengan menurunkan muatan truk.

“Selanjutnya truk di dongkrak dan dimundurkan,” ujar Ixfan menjelaskan.

Truk Fuso Muatan Mobil Baru Tersangkut di Rel Perlintasan KA Kediri

Meski evakuasi truk tidaklah mudah, petugas tetap berupaya keras agar proses evakuasi berjalan. Setelah beberapa lama waktu, akhirnya truk yang sempat tersangkut itu berhasil dievakuasi.

“Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian tersebut,” sebutnya.

Ixfan mengakui dari kejadian itu jalur kereta api (KA) sempat terganggu. KA 169b (Kertanegara) datang ke Stasiun Kediri jam 10.52 WIB harus menunggu di petak jalan Kediri – Susuhan.

“Ada kedatangan kereta api yang sempat terganggu, namun kondisi aman. Lambat perjalanan 35 menit,” kata Ixfan.

Atas kelambatan itu, PT KAI meminta maaf kepada pelanggan kereta api. Petugas berusaha keras sehingga jalur kereta api dan arus lalu lintas pun juga bisa kembali lancar.

“Kami sampaikan permohonan maaf atas kelambatan KA 169 Kertanegara karena dampak adanya truk pengangkut mobil tersangkut di jalur KA perlintasan 286 antara Kediri – Susuhan,” ujarnya.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Hafid