oleh

Tahun 2022, Dukcapil Nganjuk Terapkan Pengantaran Dokumen ke Pemohon

Nganjuk, Jurnal Jatim – Layana dinas kependudukan dan catatan sipil (Dukcapil) Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur di tahun 2022 akan menerapkan inovasi baru dengan mengantarkan dokumen hasil layanan ke pemohonnya.

Pelaksana tugas Disdukcapil Kabupaten Nganjuk, Slamet Basuki mengungkapkan bahwa target tahun 2022 ini pihaknya akan meningkatkan pelayanan. Dimulai dari tingkat desa atau kelurahan, dan kecamatan. Kemudian pemeliharaan sarana dan prasarana penunjang.

“Dan akan kami terapkan inovasi baru, yaitu pengantaran dokumen hasil layanan langsung kepada pemohonnya,” ungkapnya dikutip dari situs resmi milik Pemkab Nganjuk, Minggu (2/1/2022).

Sementara itu pada saat peluncuran mobil penunjang layanan administrasi kependudukan (adminduk) bantuan dari Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Nganjuk, Kamis (30/12/2021) lalu, Slamet Basuki menyampaikan capaian kinerja di dinas yang ia pimpin.

Menurut pria yang akrab disapa Sambas itu banyak capaian keberhasilan dari adanya layanan Adminduk Cemerlang yang diluncurkan pada 7 April 2021 lalu.

“Alhamdulillah, selama 2021 pelayanan adminduk bisa menyelesaikan 67.335 permohonan,” ujarnya saat itu.

Sambas merinci, hingga saat ini, terdapat 6 permohonan yang menunggu, 578 permohonan diproses atau satu persen, dan 12.229 permohonan ditolak atau 18 persen.

“Kemudian 54.548 permohonan, atau 81 persen di antaranya diselesaikan,” ujar Sambas merinci.

Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi menyambut baik serta berterimakasih atas pemberian kendaraan penunjang layanan Adminduk dari BRI tersebut.

Kang Marhaen, begitu biasa disapa berharap mobil penunjang tersebut bisa bermanfaat dalam memberi pelayanan kepada seluruh masyarakat di wilayah Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

“Mobil ini bentuk dukungan dari BRI kepada Pemkab Nganjuk. Dengan mobil ini, diharapkan standar pelayanan publik akan semakin meningkat, dan mendukung mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Nganjuk,” kata Marhaen berharap.

Peluncuran mobil layanan Adminduk tersebut di Pendopo Kabupaten Nganjuk, Kamis (30/12/2021) akhir tahun lalu bertepatan dengan forum koordinasi pelayanan adminduk, yang mengusung tema nyawiji memberi solusi. Peresmian mobil layanan juga dihadiri kepala BRI Cabang Nganjuk, Bayu Indra Wira Permana.

Pada kesempatan tersebut, Marhaen juga mengimbau kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan karena pandemi COVID-19 masih belum hilang. Masyarakat diminta memakai masker saat di luar rumah, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan dan mengurangi mobilitas.

“Pandemi ini masih belum hilang, jadi kami imbau masyarakat patuhi Prokes guna mencegah penyebaran COVID-19 di Kabupaten Nganjuk,” imbaunya. [PING]

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, janganlupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Hafid