oleh

Dikenal Baik, Tukang Becak di Tuban Gantung Diri Tinggalkan Surat Wasiat

Tuban, Jurnal Jatim– Aswan (50), tukang becak, asal Jepara, Jawa Tengah, ditemukan tewas tergantung tali tampar di dalam rumah, di Kelurahan Kutorejo, Tuban, Jawa Timur, Senin (3/1/2022).

Pria paruh baya itu juga meninggalkan sepucuk surat wasiat yang ditemukan di dalam rumah tempat Aswan bunuh diri. Belum diketahui pasti penyebab tukang becak itu gantung diri.

Informasi yang didapat, pengayuh becak asal Jepara itu setiap harinya mangkal di kawasan terminal wisata Sunan Bonang, Kebonsari, Kecamatan Kota Tuban.

“Korban sebagai tukang becak sudah sekitar tiga tahun, selama ini juga tidak ada masalah,” kata Plt Ketua Paguyuban Tukang Becak Tuban, Arif Mustofa.

Kejadian gantung diri itu pertama kali diketahui pemilik rumah yang curiga korban tidak keluar rumah pada siang hari. Salah satu warga nekat membuka pintu rumah yang dihuni Aswan. Tak pelak korban ditemukan tergantung di dalam kamar.

“Saat pintu dibuka, korban sudah dalam kondisi gantung diri. Korban sendirian disini, setiap hari bayar sewa rumah Rp 5 ribu,” ungkap ketua RT 2/1 Kelurahan Kutorejo, Muhamad Ilyas (50), di lokasi kejadian.

Dugaan awal, korban nekat mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri karena ada masalah keluarga. Pasalnya, di dalam rumah ditemukan surat wasiat yang ditulis korban.

Isi surat itu salah satunya meminta agar jenazahnya tidak dikirim kepada keluarganya. Tetapi meminta langsung diserahkan kepada pihak kepolisian.

“Suratnya sudah diamankan pihak kepolisian,” kata Muhamad Ilyas.

Menurut Ilyas, korban selama ini sangat giat bekerja, bahkan hingga malam hari ketika peziarah makam Sunan Bonang ramai dikunjungi. Termasuk, selama ini korban dikenal ramah terhadap warga setempat dan mudah berkomunikasi dengan siapa saja.

“Dia dikenal baik di sini. Ketemu orang juga menyapa dan selama ini tidak pernah ada masalah di lingkungan karena memang dikenal baik,” ujarnya.

Lebih lanjut, kejadian itu telah laporkan kepada polsek setempat. Petugas kepolisian juga telah melakukan olah TKP dan menggali keterangan sejumlah saksi.

Hasilnya, tidak ditemukan tanda-tanda penganiayaan terhadap tubuh korban dan murni meninggal karena gantung diri. Namun, motif korban nekat bunuh diri belum diketahui secara pasti karena masih di dalami pihak kepolisian.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Hafid