oleh

Pemuda Sidomulyo Magetan Manfaatkan Sumber Air untuk Pelihara Ikan

Magetan, Jurnal Jatim – Sumber air ganging yang biasanya digunakan untuk mengairi lahan persawahan, kini juga dimanfaatkan pemuda Desa Sidomulyo, Kecamatan Sidorejo Kabupaten Magetan, Jawa Timur untuk memelihara serta mengembangbiakkan ikan koi.

Pemandaatan budidaya ikan koi tersebut dilakukan di selokan sumber mata air Ganging. Menurut Sudiyono, ide awal budidaya ikan koi sekaligus membuka destinasi wisata desa berawal dari potensi air yang diambil airnya oleh PDAM maupun untuk pengairan sawah.

“Sumber air di sini belum dimanfaatkan. Dulu hanya digunakan PDM untuk air pelangganya sisanya untuk pengairan sawah. Setelah kita bersihkan ternyata kita menemukan sejumlah mata air, kita buat taman untuk wisata desa,” ujar Sudiyono selaku inisiator, pada Senin (13/12/2021).

Kegiatan budidaya ikan koi tersebut juga didorong oleh investor dengan menyumbangkan hampir 300 ekor ikan koi untuk dikembangbiakkan di sana.

Dengan kondisi air yang jernih dan berasal dari sumber mata air membuat keberadaan koi di selokan semakin menambah keindahan taman wisata yang dibangun pemuda Desa Sidomulyo.

“Sekalian kita gunakan untuk budidaya ikan koi karena airnya sangat bagus untuk memelihara ikan koi,” ujarnya

Sementara itu  ketua kelompok sadar wisata Kabupaten Magetan, Widya, mengatakan, sumber daya alam berupa mata air dan keindahan alam di Desa Sidomulyo sudah seharusnya bisa dimanfaatkan oleh pemuda desa untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata desa.

Menurut dia, lokasi Desa Gangging yang memiliki beragan pohon-pohon besar dengan udara yang sejuk dan mata air yang jernih sangat menarik untuk dikembangkan menjadi wisata desa.

Pemuda Desa Sidomulyo, lanjut dia, sudah tepat dengan mengembangkan lokasi sumber nata air ganging untuk destinasi wisata desa.

“Pemuda di sini sudah menyadari potensi alam di desanya dan mereka sudah bergerak. Ini bagus untuk pengembangan wisata,” katanya.

Widya menambahkan, dibutuhkan green design untuk lebih memaksimalkan potensi pemandangan dan keindahan alam desa Sidomulyo yang memiliki potensi sumber mata air yang bersih.

Sebagai langkah awal adalah dengan segera dibentuk pengelola berupa kelompok sadar wisata yang akan bertanggungjawab untuk mengembangkan lokasi tersebut.

Green design sangat penting untuk memaksimalkan pengembangan lokasi wisata di sini. Tetapi lebih baik dibentuk dulu tim untuk mengembangkan kawasan ini sesuai dengan aturan sehingga bisa mengundang investor masuk,” katanya.

 

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Azriel