oleh

Mantan ODGJ di Kota Kediri Dilatih Keterampilan Membuat Asesoris

Kediri, Jurnal Jatim – puluhan pasien ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) di Kota Kediri, Jawa Timur yang dinyatakan sembuh mendapat bekal keterampilan sederhana dari dinas sosial (Dinsos) kota setempat bersama Pokmas Waras 87.

Bekal keterampilan yang didapatkan itu diharapkan dapat diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari untuk membantu kebutuhan perekonomian mereka.

Tidak hanya itu, puluhan mantan ODGJ tersebut juga diberikan pemahaman memasarkan hasil keterampilannya. Tujuannya agar mereka mudah menjual hasil karyanya kepada masyarakat.

Kepala Dinas Sosial Kota Kediri, Triyono Kutut Purwanto mengungkapkan ada beberapa macam pelatihan sederhana yang diberikan kepada 20 orang mantan ODGJ se kecamatan Mojoroto, pada Selasa, (28/12/2021) kemarin.

Sedangkan, untuk eks ODGJ di wilayah kecamatan Pesantren dan Kota Kediri, telah terlaksana di aula Dinsos setempat yang diikuti dengan jumlah total peserta sebanyak 20 orang, Senin, (27/12/2021).

“Ada beberapa macam pelatihan yang kami berikan kepada total 40 peserta se-Kota Kediri, disesuaikan dengan kondisi dari masing-masing peserta,” ungkap Triyono pada Rabu, (29/12/2021).

Ia menjelaskan, pelatihan-pelatihan itu di antaranya pembuatan keset dari kain perca dan meronce manik-manik menjadi berbagai macam aksesoris seperti kalung, gelang, konektor masker hingga tasbih.

“Selama pelatihan mereka didampingi 6 orang fasilitator yang bertugas untuk mengarahkan dan membantu para peserta,” kata Triyono menjelaskan.

Dikatakan Kutut, kegiatan tersebut tidak berhenti pada pelatihan saja, melainkan mereka juga diajari untuk melakukan pemasaran langsung di kantor Dinas Sosial Kota Kediri, Jawa Timur.

“Harapan kami, kegiatan ini dapat membantu meringankan beban mereka mengingat mereka berasal dari golongan keluarga tidak mampu menuju kemandirian,” katanya.

Sementara itu, melihat semangat dari kelompok masyarakat (Pokmas) waras 87, Kelurahan Ngampel, Kota Kediri, pihaknya memberikan apresiasi atas sinergitas yang dibangun.

“Kami sangat mengapresiasi atas sinergitas pokmas waras 87 dalam kepeduliannya terhadap penanganan disabilitas mental ODGJ,” katanya.

Ia menambahkan, pihaknya terus mendorong kepedulian masyarakat dan lingkungan terhadap permasalahan sosial yang menjadi tanggung jawab bersama.

 

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Azriel