oleh

FPRB Nganjuk Diharap Dapat Menciptakan Masyarakat Tangguh Bencana

Nganjuk, Jurnal Jatim – Pengurus FPRB (Forum Pengurangan Risiko Bencana) Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur yang telah terbentuk diharapkan dapat menciptakan masyarakat yang tangguh, dan peduli bencana di daerah setempat.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nganjuk Mokhamad Yasin saat pengukuhan dan kelarasi pengurus FPRB Kabupaten Nganjuk masa bhakti 2021-2024 di pendopo Kabupaten setempat, Jumat (24/12/2021)

“Mudah mudahan dalam pembentukan forum ini bisa meminimalisir risiko bencana. Terutama banjir dan longsor yang biasanya melanda Kabupaten Nganjuk,” kata Sekda Yasin berharap.

Yasin juga menyampaikan terima kasih terbentuknya FPRB dari berbagai elemen mulai dari akademisi, masyarakat, dan organisasi yang bersatu menanggulangi bencana di wilayah setempat.

“Tidak lupa, kami ucapkan selamat atas pengukuhan ini. Mudah-mudahan kita semua diberi kesehatan dan keselamatan dalam menjalani tugas yang baru ini,” ujarnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, Budi Santoso mengungkapkan, FPRB dibentuk untuk menciptakan masyarakat yang tangguh dalam berbagai ancaman bencana.

Budi mengharapkan, kepada petugas maupun relawan yang selalu berdampingan dengan bencana harus bisa menyadarkan masyarakat melalui pengetahuan.

“Selain tugas sebagai pengurus pengurangan risiko bencana, kita juga harus bisa membimbing dan menyadarkan masyarakat pentingnya menjaga lingkungan dan melindungi diri,” ungkap Budi Santoso.

Lebih lanjut Budi menyatakan, bahwa kesadaran masyarakat harus diciptakan untuk mengurangi resiko terjadinya bencana. Di antaranya dapat dilakukan dengan menanam pohon dan membangun tanggul.

Sebatas untuk diketahui, FPRB dibentuk berdasarkan pada Undang-Undang (UU) nomor 24/2007; Peraturan Pemerintah (PP) nomor 21/2008; serta secara spesifik diatur dalam peraturan kepala (Perka) BNPB.

FPRB merupakan wadah yang berbentuk independen dengan menyatukan berbagai organisasi, lembaga, komunitas dan pemangku kepentingan yang bergerak dan mendukung upaya pengurangan risiko bencana di daerah.

Pelantikan FPRB dihadiri BPBD Jawa Timur, Budi Santoso. Turut hadir Kepala BPBD Kabupaten Nganjuk, Drs. Abdul Wakid. Kemudian para tamu undangan serta para pengurus FPRB yang dilantik.

 

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Azriel