oleh

Anggota DPRD Jombang Turun Jalan Galang Dana untuk Korban Erupsi Semeru

Jombang, Jurnal Jatim – Aksi tanggap cepat (ATC) Kabupaten Jombang dan komunitas Pemuda inspiratif (Kompi) dengan seorang anggota DPRD setempat turun ke jalan menggalang dana untuk masyarakat terdampak bencana erupsi Gunung Semeru, Minggu (5/12/2021)

Anggota DPRD kabupaten Jombang yang turun ke jalan menggalang dana adalah Syarif Hidayatulloh. Ia merupakan wakil ketua komisi D DPRD Jombang.

Syarif mengatakan, selain menggalang dana untuk masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Semeru, dirinya juga akan memfasilitasi kendaraan untuk mengantarkan hasil donasi itu. Ia menyebut, itu sebagai bentuk kepedulian tanggap bencana erupsi Gunung Semeru.

“Kegitanan galang dana ini untuk membantu teman atau saudara kita yang tertimpa musibah erupsi lahar di sekitar Gunung Semeru,” ucap dia.

Dirinya berharap, melalui kegiatan sosial galang dana itu bisa meringankan beban saudara-saudara di wilayah Lumajang dan sekitarnya yang terdampak musibah letusan Gunung Semeru.

“Saya atas nama anggota DPRD Jombang yang tanggap serta melakukan aksi turun ke jalan ini semoga bisa ditiru oleh teman-teman yang lain kedepannya,” ujar Gus Sentot sapaan kesehariannya.

Gunung Semeru mengalami erupsi pada Sabtu (4/12/2021) sore. Gunung api yang terletak di dua kabupaten, yakni Malang dan Lumajang itu memuntahkan awan panas guguran, sekitar pukul 15.00 WIB.

Berdasarkan laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Timur, masyarakat yang terdampak kini mengungsi di Desa Sumberwuluh, dan masih dalam pendataan.

Sementara lokasi yang terdampak antara lain, Desa Supiturang dan Desa Curah Kobokan di Kecamatan Pronojiwo, serta Desa Sumberwuluh di Kecamatan Candipuro. Bencana itu membuat salah satu jembatan di Lumajang yang krusial bagi evakuasi terputus.

Selain itu, laporan terakhir BNPB pada Minggu (5/12/2021) tadi pagi, terdapat 13 orang meninggal dunia dan 41 orang luka-luka akibat erupsi Gunung Semeru. Dua orang korban meninggal dunia telah teridentifikasi.

 

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Azriel