oleh

Tanamkan Nilai Kepahlawanan, Siswa SMAN 2 Kediri Raih Penghargaan

Kediri, Jurnal Jatim – Tiga siswa SMAN 2 Kediri, menerima penghargaan langsung dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa pada momentum peringatan hari Pahlawan Nasional di Tugu Pahlawan, Kota Surabaya, Rabu (10/11/2021).

Mereka adalah Sherlynda Vallen Putri Salma, dan Naila Afia Nur Fathimah serta Rezafani Alifa Walid. Ketiganya tergabung dalam sebuah tim asal SMAN 2 Kediri yang menyabet juara 3 gelaran lomba karya ilmiah kepahlawanan 2021 mewakili Kota Kediri.

Lomba tersebut diselenggarakan Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur. Tema yang diusung ‘Bagaimana menumbuhkan nilai kepahlawanan di kalangan generasi muda’

“Pastinya ada rasa tertantang untuk bisa menyelesaikan lomba ini. Apalagi ini kali pertama saya ikut lomba karya ilmiah, Alhamdulillah juara,” ungkap Sherlynda.

Sherlynda bersama rekannya berhasil menarik perhatian dewan juri dalam kompetisi karya ilmiah kepahlawanan berjudul wara gempita; pemberdayaan Komunitas pelajar berbasis media sosial sebagai perwujudan ilmu communities of Practice (CoP) dalam pengimplementasian nilai kepahlawanan pada generasi Muda.

“Dalam esai, tim kami membahas seputar persoalan yang terjadi di kalangan generasi muda di Indonesia. Kemudian memberikan inovasi agar generasi muda dapat lebih menanamkan nilai-nilai kepahlawanan dengan cara yang menyenangkan. Kami menciptakan komunitas berbasis sosial media instagram,” jelasnya.

Siswa kelas XII itu juga menjelaskan, karya ilmiahnya itu dapat menjadi solusi permasalahan kurangnya implementasi nilai kepahlawanan pada generasi muda. Yakni melalui media sosial, dimana sebagian besar remaja menggunakan media sosial dalam kehidupan sehari-hari.

“Dengan komunitas Wira Gempita yang berbasis di instagram ini, kami harap dapat lebih mudah menggaet sasaran utama kami yaitu pelajar,” kata dia berharap.

Kepala Dinsos Kota Kediri Triyono Kutut Purwanto mengatakan, sebenarnya ada 3 SMA yang didaulat mengikuti lomba tersebut yang dipilih berdasarkan lomba cerdas cermat kepahlawanan yang pihaknya pernah selenggarakan.

”Pemilihan berdasarkan seleksi pemenang Lomba Cerdas Cermat Kepahlawanan yang diadakan Dinsos Kota Kediri. Kemudian hasil karya ilmiah dikirim ke Dinsos Propinsi untuk proses seleksi diambil 10 besar. Pemenang 10 besar mempresentasikan hasil karya ilmiahnya, Rabu (6/10/2021) secara virtual,” jelasnya, Rabu, (10/11/2021)

Selain itu, Kutut menambahkan pemaparan tersebut juga digunakan sebagai penentu penilaian akhir untuk mendapatkan 6 besar.

“Alhamdulillah, perwakilan Kota Kediri berhasil menyabet juara 3. Dan hari ini mereka diundang Gubernur Jawa Timur untuk mengikuti upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-76 sekaligus penyerahan penghargaan,” pungkasnya.

 

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Hafid