oleh

Petugas Lapas Tuban Latihan Penanganan Kebakaran di Masa Pandemi

Tuban, Jurnal Jatim – Lapas Tuban bekerjasama dengan BPDB Kabupaten Tuban menggelar sosialisasi dan latihan (simulasi) peralatan proteksi kebencanaan dan kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan setempat, pada Selasa (16/11/2021).

Kepala Lapas Kelas IIB Tuban, Siswarno mengatakan kegiatan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, dalam rangka arahan dari pusat untuk melakukan kesiapan penanggulangan bencana di UPT Pemasyarakatan.

“Kalaupun ada bencana kita sudah siap tanggap dan dibekali ilmu sehingga bisa maksimal dalam menanggulangi,” ujar dia.

Siswarno berharap jajarannya dapat mengikutinya dengan baik, karena kegiatan tersebut sangat berharga dan penting mengingat banyak bencana yang terjadi kapan pun dan dimanapun.

“Namanya pembelajaran itu perlu, kita tidak tau bencana itu kapan hadir, jadi harap ikuti dengan seksama,” katanya.

Sementara itu Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Djumali mengatakan sosialisasi itu mencakup pengenalan potensi daerah di kabupaten Tuban yang rawan bencana serta cara memproteksi lapas dari kebakaran.

“Kami sampaikan pentingnya peralatan kebakaran dan mitigasi bencana, sehingga diharapkan seluruh petugas Lapas Tuban mengetahui dab menyikapi jika ada hal tersebut,” jelasnya.

Kegiatan tersebut melibatkan 55 orang petugas dari satu-satunya UPT Kanwil Kemenkumham Jawa Timur di Tuban serta 8 orang dari BPBD Tuban.

Setelah mengadakan sosialisasi di Aula acara berlanjut dengan simulasi pemadaman kebakaran yang berlangsung di lapangan Lapas Tuban.

Kemudian dalam agenda itu petugas juga mengingatkan para narapidana untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19. Diantaranya, tidak berkerumun, mencuci tangan, dan lainnya.

Selain itu, ketika napi baru yang masuk ke Lapas juga harus menjalani karantina di ruang isolasi yang telah disediakan petugas. Kebijakan itu dilakukan untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 di Lapas setempat.

 

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Azriel