oleh

Kapolres Tuban Jelaskan Insiden Perahu Terbalik di Sungai Bengawan Solo

Tuban, Jurnal Jatim – Kapolres Tuban, Jawa Timur, AKBP Darman menjelaskan peristiwa perahu penyeberangan menggunakan mesin diesel terbalik dan tenggelam di sungai Bengawan Solo, di Desa Ngadirejo, Kecamatan Rengel Tuban, Jawa Timur, Rabu (3/11/2021).

Dikatakan dia, sekitar pukul 09.30 WIB, perahu penyeberangan bersandar dari tambangan di Dusun Gemblo, Desa Ngadirejo, Kecamatan Rengel, Tuban. Perahu terbuka itu dikemudikan Kasiyan (65) warga Desa Semambung, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro.

Kemudian, perahu penumpang berjalan atau menyeberang menuju arah Kanor Bojonegoro dengan membawa belasan penumpang dan 10 sepeda motor. Ketika sampai di tengah sungai Bengawan Solo mengalami oleng hingga terbalik karena derasnya arus sungai.

“Jadi, pengemudi perahu tidak mempertimbangkan arus sungai yang deras sehingga saat akan menyeberang perahu terbalik di tengah sungai,” kata Darman menjelaskan.

Begitu perahu terbalik, para penumpang langsung terseret derasnya arus sungai Bengawan Solo. Hingga saat ini petugas gabungan masih melalukan proses pencarian korban tenggelam di sekitar lokasi kejadian.

“Mudah-mudahan, para penumpang perahu dapat segera ditemukan,” ujar mantan Kapolres Sumenep tersebut.

Informasi didapat, petugas gabungan dari Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI, dan Kepolisian untuk sementara telah mengevakuasi 8 korban selamat.

Mereka terdiri dari 7 orang dewasa dan satu merupakan balita. Namun, identitas korban selamat belum diketahui karena masih proses pendataan petugas.

“Korban yang selamat sudah dibawa ke puskesmas,” ungkap Darman dilokasi kejadian.

Ia menyampaikan, perahu penumpang terbalik itu disebabkan karena arus sungai sangat deras. Pasalnya, beberapa hari terakhir kawasan sekitar Bengawan Solo diguyur hujan lebat

“Arus sangat kencang, karena beberapa hari ini hujan,” katanya.

Lebih lanjut Darman mengatakan bahwa sampai saat ini petugas gabungan masih terus berupaya untuk melakukan proses pencarian terhadap korban tenggelam. Proses pencarian menggunakan perahu karet dan dibantu sejumlah warga dengan menyusuri wilayah Bengawan Solo

 

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Hafid