oleh

Jawara Matematika Raih Medali Emas di Kompetisi Sains Tingkat Nasional

Malang, Jurnal Jatim – Sebuah prestasi membanggakan berhasil diraih Nararya Raid Arkana, siswa MIN 1 Kota Malang, Jawa Timur. Jawara Matematika tersebut sukses menyabet medali emas di ajang kompetisi sains nasional (KSN) tahun 2021 tingkat nasional.

Keceriaan pun tersirat di wajah siswa kelahiran Jogjakarta, 14 Februari 2010 itu. Siswa yang memiliki cita-cita ilmuan tersebut bangga capaian prestasi yang diraihnya dengan penuh perjuangan.

“Saya harus mendapatkan medali emas, untuk itu saya akan berjuang dengan belajar giat,” ujar Arka yang dikutip Jurnaljatim.com dari situs Kementerian Agama Jawa Timur, Minggu (14/11/2021).

Diakui Arka, pada KSN 2021 soalnya yang disajikan tidaklah mudah. Namun, berkat giatnya tekun belajar, akhirnya bisa menjadi juara dan meraih medali emas.

“Untuk penyajian soal menurut saya sulit meskipun beberapa ada yang mudah,” aku siswa yang memiliki hobi bersepeda ink sembari tersenyum.

Kompetisi Sains Nasional merupakan agenda rutin yang diadakan setiap tahun dalam bidang sains bagi para peserta didik di seluruh Indonesia.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran matematika dan IPA sehingga peserta didik menjadi lebih kreatif dan inovavatif.

KSN 2021 dilaksanakan 8 – 9 November dari masing-masing sekolah dengan mekanisme secara daring. Satu-satunya siswa MIN yang lolos untuk mengikuti kompetisi di ajang itu adalah Nararya Raid Arkana.

Setelah sukses meraih medali emas, Arka mengungkapkan, dirinya akan lebih giat belajar. Arka berharap ke depan bisa mendapatkan kesempatan lagi untuk mengikuti KSN.

“Harapannya ingin menjadi salah satu peraih penghargaan khusus dan akan berusaha untuk lebih giat lagi dari sebelumnya,” ungkap anak pertama dari pasangan Dikky Mahisa Putera W dan Ariesita Indriani tersebut.

Pembina pendamping, Akhmad Ridwan menuturkan, dalam mempersiapkan KSN, madrasah melakukan pembinaan khusus dalam bentuk latihan soal-soal dan praktik eksplorasi baik daring maupun luring secara intensif.

Meski sudah beberapa kali Arka meraih kejuaraan di bidang Matematika, namun tak membuat Arka jenuh dan lelah saat proses pembinaan. Justu terlihat sangat antusias dan bersemangat.

“Alhamdulillah proses perjuangan yang panjang akhirnya membuahkan hasil, semoga keberhasilan ini menjadikan madrasah lebih berbenah dalam prestasi yang akan datang,” tuturnya.

 

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Azriel