oleh

HIV/AIDS di Nganjuk Capai 1.668 Kasus, Penderitanya Usia Produktif

Nganjuk, Jurnal Jatim – Pelaksana tugas Bupati Nganjuk, Jawa Timur, Marhaen Djumadi mengajak Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten setempat ikut berupaya mencegah dan mengendalikan penularan HIV/AIDS di masyarakat.

Ajakan itu disampaikan Marhaen saat ia membuka sosialisasi HIV/AIDS yang diselenggarakan Komisi Penanggulangan Aids Daerah (KPAD) Kabupaten Nganjuk, Selasa (16/11/2021).

Marhaen menyampaikan, di Kabupaten Nganjuk terdapat 1.668  kasus orang yang terjangkit virus HIV/Aids. Jumlah itu sejak tahun 2002 hingga per Oktober tahun 2021.

Pada tahun 2021 saja, terdapat 117 kasus HIV/Aids yang tersebar hampir seluruh wilayah di Kabupaten Nganjuk. Dengan Rincian terdiri dari 66 orang laki-laki, 50 orang perempuan, dan 1 gay atau waria.

“Penderitanya mayoritas adalah usia produktif 21- 40 tahun,” tuturnya politisi PDI Perjuangan dala. acara yang berlangsung di aula Balai Pelatihan Kerja (BLK) Kabupaten Nganjuk tersebut.

Banyaknya kasus dan terus bertambah sejak tahun 2002 hingga tahun 2021 itu tentu menjadi keprihatinan tersendiri.  Marhaen berpesan kepada para anggota GOW untuk menyosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya strategi emosional marketing di dalam menjaga keharmonisan rumah tangga.

Yaitu dapat menyentuh hati pasangan masing-masing dengan intonasi suara yang halus, mencari momen atau waktu yang tepat dalam membahas permasalahan, dan dengan berbahasa yang baik dan santun.

“Kata kuncinya adalah ibu-ibu harus bisa menyentuh hati pasangannya,” ujar Plt Bupati Nganjuk yang akrab disapa Kang Marhaen tersrbut.

“Maka dari itu kita harus mulai berfikir, harus punya strategi emosional marketing dengan menjaga intonasi suara, momen atau waktu yang tepat dalam membahas permasalahan dan gunakan bahasa yang baik dan santun saat berkomunikasi,” sambungnya.

Dengan begitu, masyarakat di wilayah setempat dapat memahami dan menghindari hal-hal yang dapat memicu terjangkitnya HIV/AIDS. Sehingga ke depan kasus positif HIV/AIDS di wilayah Kabupaten Nganjuk dapat berkurang.

“Dan ingat untuk selalu menjaga diri dan pasangan kita masing-masing,” pesan dia menutup.

 

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Azriel