oleh

Anggota Komisi IV DPR RI Dorong 2 Desa di Jombang Jadi Penghasil Buah

Jombang, Jurnal Jatim – Dua desa di Kecamatan Peterongan, Jombang, Jawa Timur didorong menjadi desa penghasil buah di wilayah setempat. Dua desa itu Yakni Desa Morosunggingan dan Tugu Sumberejo.

Anggota komisi IV DPRRI Ema Umiyyatul Chusnah atau Ning Ema mendorong dua desa itu menjadi penghasil buah saat ia membuka kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) Perbenihan di Balai Desa Morosunggingan, pada Rabu (6/10/2021).

Hadir pada bimtek tersebut diantaranya, petugas dari balai pengkajian teknologi pertanian (BPTP) Jawa Timur Tri Sudaryono; Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Jombang, Ilham Hero Koencoro; anggota DPRD Kabupaten Jombang Didit Trisupriyatno; Camat dan Kepala Desa setempat.

Pada kesempatan tersebut, politikus partai Ka’bah itu menyerahkan bantuan secara simbolis berupa bibit kelengkeng varietas kateki kepada para petani yang ada di Desa Morosunggingan.

Total ada 3000 bibit kelengkeng kateki berikut sarana produksinya. Kelengkeng varietas kateki tersebut diyakini merupakan kelengkeng varietas unggul.

Sedangkan untuk para petani Desa Tugu Sumberejo, Ning Ema memberikan bantuan sebanyak 500 bibit Alpukat beserta dengan sarana produksinya.

“Ke depan jika berhasil, perlu ditata sebagai kawasan buah. Selain bisa dijual dalam bentuk buah, juga bisa dijual bibit Kelengkengnya,” ujar anggota fraksi PPP DPR RI tersebut.

Anggota Komisi IV DPR RI Dorong 2 Desa di Jombang Jadi Penghasil Buah

Ema melanjutkan, apabila nantinya menuai keberhasilan, maka desa bisa menjadi potensi penghasil buah yang pengelolaannya melalui pemberdayaan BumDes (Badan usaha milik desa).

“BumDes bisa diberdayakan untuk menangani ini, bisa untuk wisata petik Kelengkeng yang juga menjual bibit Kelengkeng Kateki,” ungkap legislator perempuan asal Kabupaten Jombang itu.

Lebih lanjut, Ema berharap, BPTP Jatim dan Dinas Pertanian Jombang bisa melakukan pendampingan secara intensif kepada para petani di dua desa itu hingga berhasil mengembangkan tanaman buah Kelengkeng dan Alpukat.

Plt Kepala Dinas Pertanian, Jombang, Ilham Hero Koencoro mengungkapkan, pengembangan komoditas pertanian di wilayahnua diprioritaskan kepada pertanian tanaman pangan.

“Namun tanaman buah juga punya peluang yang baik, termasuk buah Kelengkeng ini,” ungkap Ilham dalam sambutannya di acara Bimtek tersebut.

Ilham berpesan kepada petani agar bantuan bibit Kelengkeng Kateki dari Ning Ema dan Kementerian Pertanian Republik Indonesia tersebut benar-benar dirawat dengan baik.

“Jangan lupa dirawat dengan intensif agar tanaman Kelengkeng yang dibantukan bisa berbuah,” pesannya.

 

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Azriel