oleh

Wali Kota Maidi Ingin Semua RTH di Madiun Jadi Lahan Produktif

Madiun, Jurnal Jatim – Masyarakat di Kota Madiun, Jawa Timur diharapkan untuk tetap produktif kendati dalam masa pandemi COVID-19. Karenanya, Pemerintah Kota Madiun terus berupaya menjadikan lahan-lahan yang ada agar berdaya guna.

Seperti Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Perumahan Taman Asri Kecamatan Taman yang juga menjadi Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Wali Kota Madiun Maidi meresmikan, Sabtu pagi tadi, (18/9/2021).

‘’Semua fasum kita maksimalkan. Biarpun sempit, bukan berarti tidak bisa memberikan manfaat,’’ kata Maidi.

Setidaknya, terdapat 55 RTH yang semuanya produktif saat ini. Apalagi, terdapat bantuan masing-masing Rp 50 juta untuk pengelolaan KRPL dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Madiun.

Pun, hasilnya sudah terlihat di KRPL RTH Taman Asri tersebut. Beragam produk sayuran sudah siap dipasarkan di minimarket hingga mal selain untuk dikonsumsi masyarakat tentunya.

‘’Pandemi COVID-19 memang banyak batasan-batasan kegiatan. Tetapi bukan berarti masyarakat tidak produktif. Hadirnya program ini harapannya masyarakat yang biasanya di rumah bisa memiliki kegiatan dan menghasilkan,’’ jelasnya.

Maidi menyebut keberadaan RTH akan terus ditambah dan hasil produknya akan dilombakan. Produk terbaik akan dipasarkan di Pahlawan Street Center (PSC).

Wali kota Maidi berharap masyarakat dapat memenuhi kebutuhan bahan pangan secara mandiri dan tidak bergantung kiriman dari luar daerah.

‘’Kalau semua produktif, ke depan tidak perlu lagi bergantung kiriman dari daerah lain. Karenanya, semua RTH kita perbaiki dan kita dorong juga terdapat KRPL di sana,’’ ungkapnya.

Terkait cakupan RTH, Maidi menyebut keberadaan RTH di Kota Madiun sudah 24 persen. Pemkot Madiun akan terus menambah keberadaan RTH untuk memenuhi 30 persen RTH dari luasan wilayah.

‘’Enam persen kekurangan ini terus kita kejar dengan menambah RTH lain di sejumlah titik,’’ tutupnya. (diskominfo)

 

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Azriel