oleh

Tie Rod Rusak, Truk Muat Pagar Panel Beton Tabrak Warung di Jombang

Jombang, Jurnal Jatim – Kecelakaan kembali terjadi di Jombang, Jawa Timur. Kali ini mobil truk bermuatan pagar panel beton precast menabrak warung makan di Desa Tanggungan, Kecamatan Gudo, Jombang. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Diduga, penyebab kecelakaan yang terjadi sekitar pukul 11.00 Wib tersebut karena kerusakan pada Tie Rod sehingga setir mobil tidak bisa dikendalikan.

Beruntung saat kejadian tidak ada orang di dalam warung, karena warung saat itu belum buka. Namun kondisi warung rusak parah.

Sebelum kejadian, truk bernopol S 8455 WH yang dikemudikan oleh Purnadi (40) melintas di Jalan Raya Desa Tanggungan berjalan dari timur ke barat.

Mendekati lokasi kejadian, kendaraan berwarna kuning itu mengarah ke kiri lalu menghantam bangunan warung di tepi jalan sebelah selatan.

“Truk menabrak pohon dan warung di pinggir jalan,” kata sopir truk, Purnadi, asal Ngereng, Desa Biting, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah di lokasi kejadian.

Purnadi mengungkapkan, kejadian itu berlangsung cepat. Beruntung dia dan kernetnya selamat dan tidak mengalami luka dalam insiden di siang bolong itu.

“Tidak ada korban, kernet juga selamat. Kecelakaan ini karena ada kerusakan pada bagian Tie Rod yang menyebabkan setir tidak bisa dikendalikan,” ungkap Purnadi.

Di tempat yang sama, pemilik warung, Siti Khoimimah (47), mengungkapkan, bangunan berikut perabotan yang ada di dalam warung hancur akibat ditabrak kendaraan truk tersebut.

“Piring, kaca jendela dan bangunan kondisinya hancur total. Kerugian Rp10 jutaan,” kata Khoimimah ditemui setelah peristiwa tersebut.

Ia menambahkan, pada saat kecelakaan terjadi, warung belum buka dan dirinya berada di dalam rumah. Dia tahunya truk tersebut sudah menabrak bangunan warung miliknya.

“Saat kejadian saya di rumah dan tidak ada orang di dalam warung karena masih tutup dan baru buka jam 6 sore, jadi tidak ada korban jiwa,” imbuhnya.

Perlu untuk diketahui, tie rod berfungsi mengikat dan menggerakan roda agar dapat belok kiri atau kanan. Jika rusak, akan membuat setir mobil tidak stabil bergerak liar ke kanan-kiri.

Kecelakaan kendaraan truk menabrak warung tersebut dalam penanganan pihak kepolisian setempat. Petugas telah melakukan olah TKP serta menggali keterangan saksi-saksi termasuk sopir truk.

 

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Azriel