oleh

Pelatihan Pembuatan Sandal Sepatu Cantik Kembangkan UMKM Magetan

Magetan, Jurnal Jatim – Belasan orang muda-mudi di Magetan, Jawa Timur dilatih membuat sandal sepatu sebagai upaya pengembangan usaha menengah, kecil dan mikro (UMKM) di wilayah kabupaten tersebut

Kepala Seksi (Kasi) peningkatan kualitas kewirausahaan, Dinas koperasi dan usaha mikro, Pemkab Magetan, Lukman, mengungkapkan pelatihan pembuatan sandal sepatu slop cantik itu di Gedung Kartika yang diikuti 15 orang peserta selama dua hari 17-18 September 2021.

“Saya berharap agar peserta pelatihan memanfaatkan kesempatan dan gali ilmu dari narasumber untuk meningkatkan kemampuan,” kata Lukman saat membuka pelatihan di gedung kartika, Jumat (17/9/2021).

Surati, narasumber pelalatihan tersebut mengungkapkan pembuatan sandal slop cantik tersebut berbahan dasar kain beludru dengan tingkat kesulitan rendah bagi pemula.

“Waktu pembuatan untuk pemula dalam menyelesaikan satu seri sandal sepatu cantik ini kurang lebih 8 jam,” ungkap Surati.

Dalam pelatihan itu, peserta difasilitasi bahan produksi sepatu berupa sol sepatu, kain beludru bahan kain,sol atau busa durian, alat klebut atau sulas cetakan, fooring serta 15 mesin jahit singer portabel.

Salah satu peserta latihan yang juga perajin sandal anak dan dewasa, Sudiro mengaku jika pelatihan itu pengalaman pertamanya dalam membuat sepatu. Dia berharap, dapat memproduksi sepatu untuk menambah model produknya.

“Pertama kali untuk pelatihan sepatu. di LULU biasanya bikin sandal anak dan dewasa aja gak ada sepatu, kedepannya mungkin bisa nambah sepatu,” kata perajin merk LULU asal Candirejo itu dilansir situs Pemkab Magetan. (Kmf)

 

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Azriel