oleh

Jembatan Gantung Untuk Pejalan Kaki di Magetan Bakal Jadi Wisata Baru

Magetan, Jurnal Jatim – Pemerintah Kabupaten Magetan, Jawa Timur bersiap membangun jembatan gantung khusus untuk pejalan kaki yang diharapkan kelak dapat menjadi destinasi wisata baru di wilayah tersebut.

Padaa Jumat (3/9/2021), Bupati Magetan dan Kepala Dinas PUPR meninjau lokasi yang akan dibangun jembatan khusus untuk masyarakat pejalan kaki.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Magetan, Muchtar Wahid mengatakan, ukuran jembatan itu nantinya diperkirakan memiliki panjang 100 meter dan lebar 2,5 meter.

“Konsepnya dikerjakan dengan teman-teman konsultan dan rekanan. Jangan sampai nanti kita rencanakan tetapi materialnya tidak bisa dikerjakan,” kata Muchtar.

Muchtar mengatakan, konsep jembatan itu ada dua yang saat ini masih dipertimbangkan. Yakni antara model melengkung dan model seperti jembatan Suramadu.

“Kita juga harus benar-benar mempertimbangkan terkait modelnya, untuk kemudahan pelaksanaan karena medannya terjal,” ujarnya.

Bupati Magetan Suprawoto mengatakan rencana pembuatan jembatan itu untuk pariwisata. Rencana akan dibangun di dekat alun-alun Magetan tepatnya di belakang kantor eks bank Jatim sampai di depan pasar baru atau MPP Magetan.

“Konsep ini kami rencanakan sebelum pandemi, namun karena adanya COVID-19 terkena refocusing,” kata Suprawoto, Sabtu (4/9/2021).

Kedepan, kata dia, pusat keramaian bukan hanya di alun-alun saja, tetapi ada tempat lainnya dengan akses yang cukup mudah. Prawoto menegaskan bahwa pembangunan jembatan itu hanya untuk pejalan kaki. Sehingga nantinya antara alun-alun ke pasar baru atau MPP dapat dengan mudah dijangkau.

“Harapan kita program ini terealisir karena kita juga harus berkoordinasi dengan warga sekitar apakah setuju atau tidak untuk pembangunan jembatan tersebut. Jadi tidak hanya membangun,” katanya.

 

Editor: Azriel