oleh

Komisi IV DPR Gerojok Bantuan Alat Mesin Pertanian di Jombang

Jombang, Jurnal Jatim – Bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) dari pemerintah pusat kembali disalurkan anggota DPR RI Ema Umiyyatul Chusnah kepada sejumlah kelompok tani (Poktan) di Kabupaten Jombang, Jawa Timur guna mendukung pertanian melalui upaya mekanisasi di wilayah tersebut.

Tak bisa dihindari, sektor pertanian sudah masuk ke era Industri 4.0. Oleh karena itu, mekanisasi dalam pertanian guna meningkatkan hasil produktivitas lahan sudah tidak bisa dihindari. Dengan Alsintan, diharapkan produktivitas hasil panen meningkat.

“Jumlahnya ada 300 unit Alsintan, total nilainya Rp15 miliar yang kita bagikan kepada Poktan, Gapoktan, Kelompok Wanita Tani (KWT) dan KTSM (Kelompok Santri Tani Milenial di Jombang,” kata Ema usai menyerahkan bantuan Alsintan di kantor dinas pertanian, Kabupaten Jombang, pada Senin sore, (23/8/2021).

Penyerahan bantuan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Semua memakai masker, menjaga jarak dan tidak berkerumun guna mencegah penyebaran virus corona (COVID-19).

Anggota komisi IV DPR RI Fraksi PPP itu mengatakan, penerima bantuan Alsintan tersebut telah memenuhi persyaratan administrasi dan masuk sistem informasi managemen penyuluh pertanian atau Simluhtan.

“Semoga nanti produksinya semakin meningkat, petaninya semakin sejahtera mendapatkan hasil yang melimpah karena bisa meminimalisir biaya operasional,” ujar perempuan berjilbab yang akrab disapa Ning Ema tersebut.

Komisi IV DPR Gerojok Bantuan Alat Mesin Pertanian di Jombang

Jadi, kata dia, para petani tidak akan menyewa alsintan lagi, karena kelompok sudah mempunyai sendiri-sendiri dan diharapkan untuk dimanfaatkan serta dirawat dengan baik.

“Bantuan Alsintan diberikan gratis atas usulan komisi IV untuk membantu para petani. Ini tahun kedua kami berikan. Insyaallah tahun berikutnya juga kami berikan,” kata DPR RI dapil Jatim VIII itu.

Legislator dari partai berlambang Ka’bah itu menambahkan, ratusan unit alsintan tersebut terdiri dari hand sprayer, mesin pompa air, traktor roda dua, traktor roda empat dan mesin panen padi atau combi.

“Kita harus berterimakasih kepada beliau (Ning Ema) karena telah memperhatikan pertanian agar lebih maju,” ujar pelaksana kepala Dinas Pertanian Kabupaten Jombang, Ilham Hero Koencoro.

Ilham berharap, kedepannya akan lebih banyak lagi bantuan Alsintan yang bisa digelontorkan kepada petani yang kebetulan belum mendapatkan bantuan.

“Bantuan ini harus dirawat dengan baik, jangan sampai hanya digunakan saja. Tapi juga harus dirawat, karena ini mesin pertanian, harus dirawat,” pesan mantan kepala DPMPTSP Pemerintah kabupaten Jombang tersebut.

 

Komisi IV DPR Gerojok Bantuan Alat Mesin Pertanian di Jombang

Editor: Azriel