oleh

Dua Rumah Warga di Tuban Senilai Rp140 Juta Ludes Terbakar

Tuban, Jurnal Jatim – Peristiwa kebakaran terjadi di Desa Tegalrejo, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Senin malam (24/8/2021). Dua rumah milik warga di desa tersebut hangus terbakar, sekitar pukul 23.00 Wib.

Kebakaran diduga disebabkan karena hubungan arus pendek atau korsleting listrik pada salah satu rumah warga. Akibatnya, kerugian materi mencapai sekitar Rp140 juta rupiah.

“Hasil penyelidikan Polsek Widang, diketahui kebakaran berawal dari korsleting listrik,” kata kepala pelaksana badan penaggulangan bencana daerah (BPBD) Tuban, Yudi Irwanto.

Yudi menjelaskan dua bangunan rumah yang terbakar yakni milik Katemi (63) dengan kerugian materi sekitar Rp45 juta dan rumah Kastiamah (68) dengan kerugian Rp95 juta.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini dan ada dua rumah milik warga hangus terbakar,” jelas Yudi.

Ia menerangkan api pertama kali diketahui oleh Katemi bersama anaknya yang saat itu terbangun karena kaget mendengar suara kayu yang terbakar.  Kemudian, mereka keluar rumah tetapi api sudah membesar dan merembet ke rumah milik Kastiamah.

“Ibu Katemi berteriak meminta tolong pada warga sekitar, selanjutnya warga melakukan pemadaman api dengan alat seadanya dan kejadian itu dilaporkan ke kita,” ujarnya.

Mendapat laporan itu, tim BPBD Tuban langsung meluncur ke lokasi kejadian untuk melakukan pemadaman api dengan dibantu tim pos damkar Babat Kabupaten Lamongan.

“Pukul 01.45 Wib, api berhasil di padamkan dan di lanjutkan pembasahan area dibantu Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kecamatan Widang serta warga sekitar,” ucapnya.

Menurut dia, tim BPBD Tuban dengan Pos Rengel dan dibantu tim Damkar Pos Babat Kabupaten Lamongan mendatangi lokasi dan melakukan penanganan. Termasuk, dikerahkan 3 unit mobil Damkar BPBD Tuban, 1 unit mobil Damkar, dan 1 mobil Damkar Pos Babat.

“Tim memastikan asap clear pada pukul 03.30 Wib,” tutup Yudi Irwanto.

 

Editor: Hafid