oleh

241 Mahasiswa Bojonegoro Dapat Beasiswa, Ini Lho Kriteria Penerimanya!

Bojonegoro, Jurnal Jatim – Sebanyak 241 orang mahasiswa asal Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memperoleh beasiswa pendidikan dari pemerintah kabupaten setempat. Pemberian beasiswa itu sebagai upaya pemerintah setempat untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat.

Beasiswa pendidikan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah dalam acara Sambung Roso Buk’e Marang Mahasiswa di Pendopo Malowopati, Pemkab Bojonegoro, Jumat (27/8/2021) lalu.

Kepala Dinas Pendidikan, Dandi Suprayitno merinci dari 241 mahasiswa, sebanyak 163 orang menerima beasiswa scientist dengan rincian 73 orang menerima tahun lalu, dan 63 orang penerima lanjutan tahun 2021.

“Untuk itu kami memohon dengan sangat pada para orang tua, agar mendorong, mendukung, sekaligus memberikan semangat untuk anak-anak kita agar terus belajar, sebab pada tahun ini banyak yang turun IPK nya,” ujarnya.

Beasiswa itu merupakan salah satu dari 17 program prioritas pemkab dalam peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM). Oleh sebab itu Bupati Anna Mu’awanah berharap Bojonegoro bisa memiliki putra-putri Daerah yang berkompeten dan Unggul.

“Semoga Bojonegoro mempunyai kader-kader dan SDM yang unggul,” ungkap Bupati Anna saat menyapa langsung para mahasiswa penerima beasiswa.

Salah satu mahasiswa penerima beasiswa scientist, Mei Lianawati asal Desa Papringan Kecamatan Temayang dari Fakultas Kedokteran Universitas Jember mengatakan sangat terbantu dalam pembiayaan uang kuliah.

Pasalnya mahasiswa yang menempuh program pendidikan Dokter tersebut mendapatkan beasiswa sebesar Rp17 juta untuk pembayaran UKT.

“Pemberian beasiswa scientist ini juga memacu semangatnya untuk belajar dengan tekun,” ucap Mei.

Mei juga berharap bagi teman-teman putra daerah Bojonegoro yang masih ragu malanjutan kuliah karena masalah finansial untuk mendaftar beasiswa dari pemerintah kabupaten Bojonegoro ini. (Kab).

Untuk diketahui, kriteria umum calon penerima dan kriteria beasiswa scientist sebagai berikut:

Kriteria Umum Calon Penerima:
1. Mahasiswa S1/D4 PTN (Murni/tidak transfer).
2. Tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain. (Dibuktikan dengan syarat pernyataan bermaterai diketahui oleh PT)
3. Penduduk Bojonegoro (Melampirkan Foto Copy KTP).
4. Foto Copy KK
5. Foto Copy KHS (mulai semester 1).
6. Foto Copy Bukti Pembayaran UKT.
7. Foto Copy Rekening Bank Jatim.

Kriteria Beasiswa Scientist:
1. IP Semester diatas 3.01 sejak semester 1.
2. Juara 1-3 akademik Tingkat Provinsi, Nasional, Internasional pada Bidangnya.
3. Penerima Beasiswa
A. Fakultas Teknik Pada Program Studi: Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Teknik Planologi, Teknik Geologi/Geodesi, Teknik Limbah, Teknik Industri, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Informatika atau Teknik Komputer, Teknik Elektro, Teknik Perminyakan, Teknik Lingkungan.
B. Fakultas Teknik Pertanian, Peternakan, Perikanan
C. Fakultas Kedokteran Pada Program Studi Kedokteran Umum
D. Kedokteran Gigi
4. Tidak Berlaku bagi Mahasiswa yang diterima masuk di perguruan tinggi Negeri melalui jalur Mandiri. (Melampirkan Bukti Masuk PTN).

 

Editor: Azriel