oleh

Perindah Taman Cengkok, KKN Mahasiswa UM Sediakan Tempat Sampah

Nganjuk, Jurnal Jatim – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pulang Kampung Universitas Negeri Malang (UM) melaksanakan program pengadaan tempat sampah dan tiang informasi wisata taman Desa Cengkok, Kecamatan Ngronggot, Nganjuk, Jawa Timur.

Koordinator Desa, Hildhan Umanta Prabasmana mengatakan, pengadaan fasilitas tempat sampah ini untuk memperindah taman agar pengunjung dan masyarakat sekitar lebih sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan untuk perilaku sehat.

“Membuang sampah pada tempatnya merupakan hal kecil yang terkadang banyak diabaikan oleh sebagian orang. Sehingga banyak masyarakat kurang sadar atas pentingnya menjaga kebersihan,” katanya, Selasa (13/7/2021).

Bahan tempat sampah yang digunakan merupakan bekas timba cat yang bagian luar dilapisi cat dan diberi penyangga di bagian bawah agar kuat menampung sampah dalam timba.

“Tempat sampah diletakan di tiga titik yang berbeda di wisata taman cengkok (WTC), khususnya tempat-tempat yang biasa banyak dikunjungi wisatawan,” ujarnya.

Perindah Taman Cengkok, KKN Mahasiswa UM Sediakan Tempat Sampah

Buat papan informasi

Selain itu, juga membuat tiang penunjuk jalan menuju spot foto yang berada di bukit WTC. Tujuannya mempermudah pengunjung untuk menemukan lokasi yang akan dituju.

“Kami juga membuat papan informasi berupa larangan untuk tidak merusak fasilitas taman,” ujarnya.

Plang itu diletakkan di dua lokasi yang berbeda, disesuaikan dengan fasilitas taman yang sering digunakan oleh pengunjung salah satunya adalah spot foto.

Dia menambahkan, fasilitas kelengkapan wisata taman telah diserahkan kepada pihak perangkat desa setempat yang diwakili Sekretaris Desa, Adit, pada 7 Juli lalu.

Penyerahan dilakukan secara simbolis sembari menunjukkan lokasi peletakan tempat sampah dan plang informasi kepada perangkat desa setempat.

Mahasiswa KKN UM berharap tempat sampah dan plang informasi itu dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat desa Cengkok khususnya serta masyarakat luas dan pengunjung umumnya.

Sementara itu, Sekertaris desa Cengkok, Ngronggot, Adit, menyampaikan terima kasih atas pengadaan fasilitas di lokasi wisata taman tersebut.

“Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan dan menjaga segala fasilitas yang ada di WTC, supaya semua fasiltas ini dapat terjaga dengan baik dan dapat dinikmati oleh masyarakat dalam jangka waktu yang lama,” ujarnya.

 

Editor: Azriel