oleh

Pastikan Kecukupan Warga Isoman, Wali Kota Madiun Cek ke Lapangan

Madiun, Jurnal Jatim – Jaminan kecukupan pangan bagi warga yang menjalani isolasi mandiri di Kota Madiun, Jawa Timur terjamin aman. Pemenuhan kebutuhan akan dicukupi oleh masing-masing RT dengan memberdayakan PKL atau satu warung makan yang ada di wilayah itu.

Program itu berasal dari Wali Kota Madiun Maidi yang tak ingin warganya merana sebab menderita korona. Maidi mengungkapkan, setiap ada warga yang menjalani isolasi mandiri, maka bantuannya harus didahulukan.

“Warung makan mana yang dipilih RT dijadikan dapur umum. Lewat dapur umum ini, saya titip yang isoman untuk dimasakkan. Juga warga yang membutuhkan. Jadi pandemi ini justru menambah kekompakan di antara warga,” ungkapnya.

Bantuan yang diberikan itu bersumber dari bantuan-bantuan dari segala pihak. Obat dari Dinas Kesehatan-PPKB. Sebagian dari bantuan pihak luar dan CSR.  Dan sebagian lainnya berasal dari Korpri hingga Baznas.

“Untuk air mineral kita cukupi dari PDAM. Pola-pola seperti ini, artinya pemerintah hadir untuk masyarakat,” kata Maidi seusai mengunjungi dapur umum sekaligus membagikan bantuan untuk warga isoman di Jalan Wanodya Bakti, Kelurahan Kanigoro, Jumat (23/7/2021).

Tidak hanya itu, Maidi melanjutkan, bahwa Ketua RT juga akan mendapatkan droping vitamin dan masker untuk dibagikan kepada warga yang membutuhkan.

Bagi mereka yang mulai merasa tidak enak badan bisa langsung mendapatkan vitamin sebagai pencegahan. Begitu juga yang tidak memiliki masker. Pemerintah, kata dia, terus menganjurkan pemakaian masker. Sebab, akan percuma kalau masyarakat tidak memiliki masker untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Berdasarkan data, hingga per Kamis (22/2/2021), terdapat konfirmasi positif berjumlah 4.851 orang dengan 3.569 dinyataka sembuh. Sementara itu, 425 lainnya masih dalam perawatan, 554 orang menjalani isolasi mandiri di rumah dan 303 orang meninggal dunia.

 

Editor: Azriel