oleh

Wali Kota Kediri Mas Abu Bantu Warga Promosi Ikan Cupang

Kediri, Jurnal Jatim – Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar membantu mempromosikan beragam jenis Ikan Cupang milik Doni, di Kelurahan Burengan, Kecamatan Kota, Kota Kediri, Jawa Timur.

Jenisnya di antaranya cupang jenis koi, besgel, multi, giant, halfmoon dan serit. Wali Kota yang akran disapa Mas Abu nampak antusias melihatnya.

“Bagus-bagus semua ini. Dulu waktu kita SD populer sekali ikan cupang itu, dan terkenalnya di Kediri itu ikan berta di Ketami dan sekarang masih ada banyak dan bagus-bagus juga,” ujarnya.

Mas Abu pun mengajak Doni mempromosikan ikan cupang-nya melalui instagram story pribadinya. Ia berpesan kepada masyarakat yang ingin membeli dapat menghubungi ke nomor Doni.

“Saya berada di rumah Mas Doni, peternak ikan cupang yang ada di Burengan. Untuk masyarakat Kota Kediri jangan lupa kalau beli dan butuh ikan cupang belinya di sini karena ikannya keren-keren. Bisa langsung kontak ke Mas Doni,” pesannya.

Sementara itu, Doni menjelaskan, budidaya ikan cupang tidak memerlukan tempat yang luas. Namun untuk ikan cupang ukuran kecil perlu perhatian ekstra lebih karena kadar PH air sangat berpengaruh.

“Untuk ikan cupang ukuran kecil, kadar PH airnya harus diukur dengan tepat. Di sini yang paling mahal dan banyak diminati adalah jenis giant dan multi yang memiliki warna bermacam-macam,” terangnya

Ikan Cupang adalah ikan air tawar yang memiliki nama latin Betta SP. Ikan itu mempunyai bentuk dan karakter unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya.

Ikan cupang berasal dari beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan Vietnam.

Pada masa pandemi COVID-19, ikan cupang banyak diminati orang karena banyak yang jenuh akibat berkerja dari rumah, sehingga mereka mencari kesenangan menghilangkan kejenuhan. (Yd)