oleh

Ustaz Abdul Somad Diminta Mertua Jadi Imam Salat Tarawih di Jombang

Jombang, Jurnal Jatim – Pengantin baru Ustaz Abdul Somad atau UAS menjadi imam salat isya dan tarawih di Musala Darussalam, Perum Kepuh Permai, Blok D-4, RT 001 RW 006, Desa Kepuhkembeng, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Kamis malam (29/4/2021).

Dai kondang tersebut menjadi imam salat tarawih di kampung halaman istrinya Fatimah Az Zahro Barabud atas permintaan ibu mertuanya Bibi Kulsum.

“Saya yang ingin anak saya jadi imam salat di sini, biar dikenal oleh warga sini,” ucap Bibi Kulsum usai salat tarawih di musala samping rumahnya.

Pantaun Jurnaljatim.com, salah tarawih dan witir yang dipimpin Ustaz Abdul Samad berakhir sekitar pukul 20.00 WIB. Sebelum jamaah meninggalkan musala, Ustaz Somad menyampaikan ceramah tentang keutamaan bulan ramadan.

Dalam ceramah tersebut disertai dengan beberapa pertanyaan dari jamaah. Namun, itu berlangsung tidak lebih dari 10 menit.

Setelah mengakhiri ceramah, tokoh agama itu keluar  musala bersama bapak mertua dan sejumlah kerabatnya berjalan kaki menuju ke rumahnya.

Saat dicecar sejumlah pertanyaan oleh wartawan yang menunggu di depan musala, Ustaz Abdul Somad tak menjawabnya.

“Matursuwun (terima kasih), Assalamualaikum,” kata Abdul Somad sembari berjalan masuk ke rumah mertuanya.

Sementara itu Yuli, salah satu warga lingkungan sekitar tidak mengetahui secara pasti kedatangan Abdul Somad di rumah mertuanya. Namun, kata dia, sebelum menjadi imam salat tarawih, dia juga jadi imam salat Maghrib di musala itu.

“Jadi juga jadi imam salat Magrib, terus dilanjutkan Salat Isya dan tarawih di sini,” kata Yuli, usai salat tarawih.

Sebagai tetangga, Yuli pun mendoakan yang terbaik atas pernikahan Ustaz Abdul Somad dengan Fatimah. Yuli mendoakan pasangan yang terpaut usia 24 tahun itu bisa langgeng atau awet hingga akhir hayatnya.

Sebatas diketahui, Ustaz Abdul Somad telah menikah dengan gadis asal Jombang bernama Fatimah Az Zahra Salim Barabud puteri dari pasangan Umi Kulsum dan Salim Barabud.

Mereka menikah pada Rabu sore (28/4/2021) di sebuah rumah, daerah Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang dengan mahar maskawin 244 gram emas.

Ustaz Abdul Somad (UAS) berstatus duda setelah bercerai dengan Mellya Juniarti akhir tahun 2019 lalu. Sedangkan Fatimah merupakan santriwati Pondok Pesantren Gontor yang hafal quran.

 

Editor: Hafid