oleh

Samsat Jombang Sebut Penggeledahan KPK Hoaks

Jombang, Jurnal Jatim – Samsat Jombang, Jawa Timur menegaskan kabar penggeledahan petugas KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) di kantor tersebut adalah tidak benar alias hoaks.

“Tidak ada (penggeledahan) KPK di sini,” kata Bambang Harianto, kepala bagian PDPP (Pengelola Data dan Pelayanan Perpajakan) Samsat Jombang, Senin petang (19/4/2021).

Bambang tak menampik adanya isu yang beredar jika lembaga antirasuah menggeledah kantornya di jalan raya Mojoagung, Jombang.

Bahkan, dirinya sempat dibuat bingung ketika dihubungi beberapa orang untuk memastikan kebenaran informasi itu. Bambang pun menyampaikan jika kabar itu tidak benar.

“Tadi banyak yang telepon saya, tanya kebenaran kabar itu. Saya sampaikan itu tidak benar. Saya juga tidak tahu kabar itu darimana. Sekali lagi, tidak ada KPK di sini,” Bambang menegaskan.

Pantauan di kantor Samsat pada Senin (19/4/2021) petang, suasana nampak sepi, tidak terlihat adanya aktivitas maupun bekas penggeledahan.

“Bisa dilihat dan silahkan dicek, memang tidak ada aktivitas penggeledahan atau apapun di sini,” kata pria asal Kabupaten Kediri tersebut.

Ia mengatakan, Samsat Jombang masuk dalam zona Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan sedang menuju WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih, Melayani). Bambang pun memastikan kantornya bersih dari korupsi dan bebas percaloan.

Dikatakan dia, pihaknya saat ini sedang persiapan pemutihan pajak kendaraan roda empat dan roda dua, mulai tanggal 20 April sampai 24 Juni mendatang.

“Tidak ada tamu sama sekali, tadi kami zoom jam 11.30 untuk pemutihan romadhon, itu saja giat tadi,” katanya.

Sebelumnya, beredar kabar di sejumlah wartawan, bahwa penyidik KPK tengah menggeledah kantor bersama Samsat Jombang. Namun, tidak diketahui asal kabar yang belum pasti tersebut.

Dalam pengecekan di kantor Samsat dan kantor Bapenda Jawa Timur UPT Jombang di jalan Presiden Abdurrahman Wahid, tidak didapati aktivitas terkait penggeledahan tersebut.

 

Editor: Azriel