oleh

Nikahi Gadis Jombang, Mahar Ustaz Abdul Somad 244 Gram Emas

Jombang, Jurnal Jatim – Mubalig Ustaz Abdul Somad (UAS) bersiap menanggalkan status duda dan akan menikahi gadis asal Jombang, Jawa Timur bernama Fatimah Az Zahra Salim Barabud (20) dengan mahar atau maskawin 244 gram emas.

“Mas kawin permintaannya emas 244 gram, hanya emas saja yang lainnya tidak ada, katanya (itu) kesepakatan,” kata Abdul Ghofur, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Peterongan, Jombang.

Ghofur menyampaikan itu usai melakukan rapak penyuluhan dan pemeriksaan terhadap calon perempuan bersama wali dan keluarga di KUA setempat pada Selasa pagi (27/4/2021).

“Jadi, kan kan kita tanya untuk calon istrinya minta apa, calon istri sama asisten bilang kesepkatan 244 gram emas,” jelasnya.

Rapak jelang pernikahan tersebut dihadiri pihak keluarga dan calon pengantin perempuan. Yakni calon pengantin Fatimah, wali nikah Salim Barabud yang merupakan bapak dari Fatimah, serta ibunya bernama Bibi Kulsum.

Sementara Ustaz Somad berhalangan hadir karen jarak yang jauh serta belum memungkinkan untuk hadir saat ini.

“Asisten dari UAS tadi yang hadir ke sini. Dia hadir untuk memastikan bahwa berkas itu benar dan jika ada kekurangan akan disampaikan. Dia (Asisten) masih belum bisa memastikan kehadiran UAS ke sini,” katanya.

Menurut Ghofur, sejauh ini berkas pernikahan yang masuk ke KUA sudah lengkap. Hanya saja, masih ada satu lagi yang harus ditandatangani langsung oleh UAS. Yakni, blanko formulir N4 tentang persetujuan calon pengantin.

UAS belum menandatangani lantaran tidak hadir dalam penyuluhan tersebut. Selama lembar blanko itu belum tandatangani UAS, maka pernikahan masih belum bisa dilaksanakan.

“Persetujuan calon istri dan calon suami (harus) ditandatangani kedua-duanya. Seperti yang beredar itu, tapi tidak ada fotonya,” katanya.

“Ini kan calon suami belum datang, pemeriksaan juga belum, izin belum (ditandatangani). Saya menginginkan (calon suami) harus hadir ke KUA, tandatangan di kantor KUA. Kalau kedua duanya sudah tandatangan, silahkan pelaksanaannya, kita tidak membatasi, yang penting sudah pelaksanaan lebih 10 hari pendaftaran. Belum bisa dilaksanakan selama UAS belum tandatangan di calon suami,” lanjut Ghofur menjelaskan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ustaz Abdul Somad Batubara akan menikahi Fatimah Az Zahra Salim Barabud, warga Perum Kepuh Permai, Blok D-4, RT 001 RW 006, Desa Kepuhkembeng, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

UAS berstatus duda setelah bercerai dengan Mellya Juniarti akhir tahun 2019 lalu. UAS akan menikahi gadis bernama Fatimah Az Zahra Salim Barabud,

Usia pedakwah asal Kabupaten Kampar, Provinsi Riau dengan calon istrinya Fatimah terpaut 24 tahun. Ustaz Abdul Somad saat ini berusia 44 tahun, sedangkan calon istrinya yang merupakan putri dari pasangan Salim Barabud dan Bibi Kulsum berusia 20 tahun.