oleh

Gara-gara Kipas Angin, Rumah Pensiunan Gudang Garam di Kediri Terbakar

Kediri, Jurnal Jatim – Sebuah rumah di Desa Plosorejo, RT 09 RW 02, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur terbakar saat pemilik tidur. Kebakaran diduga berasal dari korsleting listrik pada kipas angin di dalam rumah itu.

Rumah yang terbakar milik Sutini (60), pensiunan pabrik rokok Gudang Garam Kediri. Beruntuk tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Pemilik hanya mengalami kerugian materiil jutaan rupiah.

Kapolsek Gampengrejo, AKP Sunaryo mengatakan, kejadian itu pada Sabtu (17/4/2021) sekitar pukul 23.00 WIB. Begitu menerima laporan, anggotanya langsung mendatangi tempat kejadian perkara.

“Satu unit mobil Damkar (pemadam kebakaran) didatangkan untuk membantu pemadaman api,” kata Sunaryo dalam keterangannya, pada Minggu (18/4/2021).

Sunaryo menjelaskan, kejadian berawal saat warga sekitar melihat kepulan asap dari rumah korban. Setelah dicek, ternyata asap itu berasal dari rumah tepatnya di area ruang tamu.

“Saat kejadian, pemilik rumah berada di kamar belakang sedang tertidur,” jelas Sunaryo.

Warga sekitar berusaha memadamkan api dengan cara manual. Namun, usaha itu tidak membuahkan hasil. Lalu, warga menghubungi Damkar Pemkot Kediri untuk membantu menjinakkan api agar tidak merembet ke bangunan lainnya.

Begitu Damkar tiba di TKP, petugas langsung menyemprotkan air ke titik api dan sekitarnya. Satu jam kemudian, api berhasil dipadamkan tanpa ada korban jiwa.

“Dalam kebakaran ini tidak ada korban jiwa, pemilik rumah juga selamat. Hanya kerugian material saja,” katanya.

Di lokasi kejadian, polisi menemukan 1 buah kipas angin bekas yang terbakar serta sebuah kabel kipas angin yang tertancap di stop kontak yang terbakar. Diduga, penyebab kebakaran dari kipas angin itu.

“Penyebab kebajaran korsleting listrik saluran dari kipas angin ke stop kontak atau hubungan pendek arus listrik,” pungkasnya.

 

Editor: Azriel