oleh

Wali Kota Madiun Panen Tanaman Budidaya di Agrowisata Ngrowo Bening

Madiun, Jurnal Jatim – Wali Kota Madiun, Jawa Timur, Maidi, ditemani Ketua TP PKK Kota Madiun Yuni Setyawati Maidi dan sejumlah pejabat pemkot dan PDAM Tirta Taman Sari Madiun melaksanakan panen raya hasil budidaya tanaman di Taman Agrowisata Ngrowo Bening, Sabtu (20/3/2021).

Di kebun seluas 10 hektare itu ada berbagai tanaman yang dipanen. Di antaranya, Labu Mama, Terong, Jeruk Nambangan, Jeruk Hijau Madura, Cabai, dan Bawang Merah. Seluruhnya berhasil dipanen dalam keadaan baik.

“Rupanya tanah di sini bagus untuk menanam. Sehingga, hasil panennya bagus-bagus dan bisa menjadi budidaya tanaman yang dibutuhkan masyarakat,” ujar Maidi.

Selain jenis-jenis tanaman di atas, Taman Agrowisata Ngrowo Bening juga menjadi pusat budidaya komoditas lainnya. Seperti, Kelengkeng, Mangga, Jambu Hijau Madura, Jambu Merah, serta Bunga Mawar dan Lebah.

Mantan Sekda Kota Madiun itupun berharap, seluruh tanaman yang ada di lokasi tersebut bisa tumbuh subur. Sehingga, dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara umum.

Lebih lanjut, Maidi mengatakan, saat ini warga juga sudah bisa menikmati hasil budidaya Agrowisata Ngrowo Bening. Bahkan, dengan harga yang lebih murah dari pasaran.

“Bisa petik sendiri, lalu bayar di kasir. Tidak ada batasan. Tapi tidak boleh untuk tengkulak. Hanya pemakaian pribadi,” tegasnya.

Dia menambahkan, budidaya tanaman tidak akan berhenti sampai di sini saja. Lahan kosong di sekitar kota yang kurang dimanfaatkan akan dihidupkan kembali. Termasuk, proyek Peceland yang akan segera dimulai tahun ini.

“Nantinya akan semakin banyak tanaman yang dibudidayakan. Sehingga, warga Kota Madiun tidak perlu ketergantungan dengan daerah lain. Tentunya, dengan harga yang lebih terjangkau,” tandasnya. (diskominfo)