oleh

Disdikbud Jombang sidak sekolah jelang pembelajaran tatap muka 6 April

Jombang, Jurnal Jatim – Sejumlah sekolah di Jombang, Jawa Timur disidak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten setempat, Rabu (24/3/2021). Sidak dilakukan untuk mengetahui kesiapan sekolah dalam melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di masa pandemi mulai 6 April 202 nanti.

Sidak tersebut dipimpin langsung Kepala Disdikbud Jombang Agus Purnomo dengan menyasar SMP 2 Jombang, SMP 2 Ploso dan SMP 1 Tembelang.

Agus mengungkapkan, dirinya sudah memaparkan di Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jombang dan Bupati serta Wakil Bubahwaterkait PTM yang direncanakan mulai tanggal 6 April 2021 bagi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP)

“Maka tujuan saya ke sini, salah satunya adalah mengecek bagaimana persiapan teman-teman yang ada di satuan pendidikan masing-masing,” ungkapnya usai melakukan pemantauan sekolah kepada sejumlah wartawan.

Ia menyampaikan, hasil pemantauannya rata-rata sekolah-sekolah sudah berkeinginan melaksanakan PTM. Dan pihak pun sekolah menyatakan sudah siap.

“Dari sisi prosentase itu, kemarin sudah saya sampaikan ke Forkopimda, 98 persen, teman-teman sudah siap untuk melaksanakan PTM,” tandasnya.

Sekolah siap PTM

Kepala Sekolah SMP 1 Ploso, Jombang, Agus Tri Prastyo menegaskan pihaknya dari awal sudah siap melaksanakan PTM. Baik persiapan penunjangnya, maupun elemen Protokol Kesehatan (Prokes).

“Termasuk pencuci tangan. Protokol Kesehatannya sudah kita tata semuanya. Kemudian yang terpenting adalah, izin dari orang tua, sudah kita dapatkan. Penataan jam-jam pelajaran sudah kita tata semuanya, Insyaallah siap kita,” katanya.

Agus menyebut, untuk izin dari orang tua peserta didik yang mengikuti PTM sudah ‘dikantongi’ 100 persen. Menurut dia, orang tua siswa juga sangat berharap anak-anaknya bisa segera masuk sekolah.

“Memang sudah terlalu lama di rumah, sehingga ‘ndak’ bisa KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) daring terus, apalagi sekolah-sekolah pinggiran seperti kami yang jangkauan wifi yang kurang, pengaruh sekali,” imbuhnya.

Sebatas diketahui, Pemkab Jombang bersama Forkopimda dan dinas terkait, Selasa (23/3/2021) telah melakukan rapat koordinasi membahas persiapan PTM.

Usai rapat koordinasi, Bupati Jombang, Mundjidah  mengungkapkan, PTM bagi SD dan SMP di Jombang dipastikan mulai dilaksanakan tanggal 6 April 2021.

“Kita rapat koordinasi, dari Forkopimda atau yang mewakili juga hadir, kemudian dari Kementerian Agama, Dinas Pendidikan sudah memaparkan semua tentang kesiapan untuk tanggal 6 (April 2021), mulai melaksanakan PTM,” kata Mundjidah.

Dikatakan dia, pada pelaksanaan PTM nanti, juga ada pengurangan jam belajar di sekolah, yang artinya tidak seperti PTM sebelum terjadi Pandemi COVID-19.

“Jadi (masuk) jam 07.00 WIB sampai jam 10.00 WIB. Jadi ada (sistem) shift. Ada pagi dan siang,” katanya.

 

Editor: Azriel