oleh

Wakapolda Jatim Pastikan Natal di Jombang Terapkan Protokol Kesehatan

Jombang, Jurnal Jatim – Waka Polda Jawa Timur, Brigjen Slamet Hadi Supraptoyo memastikan persiapan natal 2020 di Jombang sesuai surat edaran Menteri Agama (Menag) RI dengan menerapkan protokol kesehatan.

Ia memastikan itu saat melakukan kunjungan ke Kabupaten Jombang dan melakukan pengecekan secara langsung di Gereja Katolik Paroki Santa Maria Jalan KH Wahid Hasyim.

“Saya lihat kesiapan dari pihak gereja di dalam menjalankan surat edaran Menteri Agama saya lihat cukup-cukup bagus, banyak inovasi,” katanya.

Kedatangan Brigjen Slamet pada Kamis (24/12/2020) sore itu disambut Kapolres Jombang, AKBP Agung Setyo Nugroho beserta jajarannya.

Slamet mengatakan kedatangannya itu memang untuk memastikan para jemaat merasa aman dan nyaman saat melakukan ibadah perayaan Natal.

Selain itu juga ingin melihat sejauhmana surat edaran Menteri Agama khususnya Dirjen Agama Kristen dalam kegiatan Natal 2020.

“Karena sekarang masih dalam pandemi COVID-19, maka kegiatan kebaktian di gereja-gereja harus ada pembatasan-pembatasan maksimal 25 persen. Kedua diwajibkan menggunakan protokol kesehatan,” ujarnya.

Setelah dilakukan pengecekan, ia memastikan perlengkapan protokol kesehatan di luar gereja telah sesuai dengan surat edaran Menteri Agama (Menag)

Selain itu, ia juga melakukan pengecekan kesiapan anggota di lokasi yang bertugas mengamankan gereja. Menurutnya pengamanan gabungan yang siaga di gereja wujud dari kebhinekaan.

“Kedua bagaimana pengamanan, dari Banser ada, dari Ansor ada, dari Kepolisian ada, dari rekan-rekan TNI ada. Ini wujud dari kebhinekaan,” katanya.

Dalam pengamanan perayaan Natal 2020, anggota Polres Jombang juga melakukan penyisiran ke seluruh ruang gereja dengan menggunakan anjing pelacak dan alat metal detektor. Hal itu bertujuan untuk mensterilkan lokasi gereja.

“Kami berharap, perayaan Natal tahun 2020 ini bisa berjalan lancar dan aman,” pungkasnya.

 

 

Editor: Azriel