oleh

Razia Masker di Jombang, Tertib Protokol Kesehatan Dapat Makanan Lho..

Jombang, Jurnal Jatim – Tiga pilar Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang, Jawa Timur yang menggelar razia masker mengapresiasi warga yang tertib memakai masker dengan memberi hadiah makanan.

Selain bentuk apresiasi, langkah itu sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjalankan protokol kesehatan di masa Pandemi COVID-19.

Razia gabungan dari Polri, TNI dan petugas Kecamatan Perak dilakukan di jalan raya Desa Gadingmangu, Kecamatan Perak, Senin (14/12/2020).

Warga yang melintas, baik yang bermasker maupun tak pakai masker dihentikan. Bagi yang melanggar langsung ditindak, sedangkan yang tertib diberi hadiah makanan kemasan.

“Ini sengaja kami berhentikan untuk memberi apresiasi kepada warga yang tertib menggunakan masker dengan memberikan hadiah makanan,” kata Kapolsek Perak, Iptu Dwi Retno Suharti.

Retno mengatakan, pemberian hadiah tersebut sebagai bentuk penghargaan kepada warga karena tertib menerapkan protokol kesehatan.

Mantan Kanit PPA Satreskrim Polres Jombang itu menyebut dalam operasi yustisi, masyarakat tingkat bawah justru terlihat mulai tertib menggunakan masker.

Mulai dari pencari rumput hingga abang becak terlihat disiplin menjalankan protokol kesehatan. Lantas, mereka mendapatkan makan gratis dari petugas.

“Masyarakat sudah mulai tertib. Banyak warga yang mulai aktif menggunakan masker, meskipun mereka akan ke sawah atau berangkat menarik becak,” imbuhnya.

Selama dua hari melakukan razia, Polsek Perak telah menindak 20 orang yang tidak menjalankan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah.

“Yang tidak tertib tetap kita tindak. Mereka akan disidangkan dengan sanksi denda uang sesuai dengan Perda yang berlaku. Ini untuk memberikan efek jera juga,” tegasnya.

Sementara itu, Plt Camat Perak Mohammad Nurdin Purwoko mengimbau warga agar terus disiplin menjalankan protokol kesehatan guna memutus penyebaran virus asal Wuhan, Cina.

“Kami imbau warga taat protokol kesehatan, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak guna menghindari penularan COVID-19,” imbaunya.

 

 

Editor: Azriel