oleh

Malam Pergantian Tahun 2021, Polisi Tutup 4 Ruas Jalan di Kota Kediri

Kediri, Jurnal Jatim – Polisi bersama TNI dan instansi terkait yang melakukan pengamanan malam pergantian tahun baru 2021 melakukan penyekatan serta penutupan sejumlah ruas jalan di Kota Kediri, Jawa Timur.

Batasan-batasan atau menutup beberapa ruas di wilayah Kota Kediri, dimana jalan-jalan tersebut berpotensi untuk terjadinya titik berkumpulnya massa.

Kapolres Kediri Kota AKBP Miko Indrayana mengungkapkan pihaknya melakukan penyekatan pada 6 titik, dan 4 ruas jalan yang akan dilakukan penutupan.

“Namun demikian tentunya juga melihat situasi di lapangan. Rencana awal penutupan di dalam kota dari jam 20.00 WIB hingga jam 01.00 WIB,” kata Miko.

Personil yang diterjunkan dalam pengamanan pergantian tahun di wilayahnya berjumlah 250 personil dari TNI-Polri, Satpol PP maupun Dinas Perhubungan.

Lebih lanjut Miko menjelaskan secara umum pelaksanaan pengamanan di beberapa gereja yang masih melaksanakan kegiatan kebaktian.

Dengan di awali kegiatan penyisiran serta pemeriksaan di beberapa gereja didapatkan hasil bahwa masing-masing gereja dalam keadaan aman.

Kemudian, juga dilakukan penyekatan di beberapa titik perbatasan kota maupun kabupaten Kediri. Hal itu, juga sudah berkoordinasi dengan kabupaten lain.

Sehingga diharapkan tidak ada warga kabupaten lain yang masuk Kota Kediri, begitu juga sebaliknya tidak ada warga Kota Kediri yang ke Kabupaten lain.

“Namun demikian apabila ada beberapa kegiatan yang dirasa penting bagi warga, tentu akan diizinkan yang bersifat fleksibel,” ujarnya.

Miko juga akan memberikan kesempatan warga Kota Kediri yang ingin menikmati malam pergantian tahun dengan batasan-batasan yang harus dipatuhi.

Sebagai contoh adalah protokol kesehatan yang harus diterapkan dan batasan waktu masyarakat Kota Kediri untuk beraktivitas di luar.

Pihaknya juga mengizinkan kafe beroperasi hingga jam 20.00 WIB, setelah itu diimbau untuk tutup. Sehingga diharapkan pukul 21.00 WIB aktifitas di kafe ataupun tempat makan lainnya sudah tutup.

“Jika ada yang melanggar akan diberikan sangsi tegas,” Miko menegaskan.

Ia berpesan, pelaksanaan pengamanan malam pergantian tahun, petugas dihimbau untuk bertindak tegas namun santun dan juga menjaga kesehatan di masa pandemi COVID-19 ini.

 

 

Editor: Hafid