oleh

Ciptakan Suasana Guyub, Polres Kumpulkan Pesilat Jombang

JOMBANG (Jurnaljatim.com) – Kepolisian Resort Jombang, mengumpulkan para pesilat yang tergabung dalam paguyuban pencak silat dari berbagai perguruan yang ada di Kabupaten Jombang. Acara bertajuk Cangkrukan Kamtibmas bersama kita aman (Cak Besutan) digelar di lapangan Tenis, Mapolres Jombang, pada Selasa malam. (29/10/2019).

Hadir dalam Cangkruan Kamtibmas tersebut, Kapolres AKBP Boby Pa’ludin Tambunan, Waka Polres Kompol Budi Setiono, PJU (Pejabat Utama), Kapolsek Jajaran, Wakil Bupati Jombang Sumrambah, Forpimda, serta ratusan pesilat dari berbagai perguruan di Jombang.

Ketua Paguyuban Pencak Silat Kabupaten Jombang, Jatmika, menjelaskan, ada 24 perguruan pencak silat yang tergabung dalam paguyuban tersebut. Jumlah itu, kata dia, cukup banyak dibandingkan dengan daerah lainnya.

“Di sebuah wilayah ada yang mengklaim berjumlah 18. Ini membuktikan bahwa Jombang tumbuh subur perguruan Pencak Silat,” ujarnya.

Jumlah yang besar itu, lanjut pria yang akrab disapa Gus Mik, bisa menjadi modal membantu mewujudkan Jombang lebih aman dan terjaga. “Saling mensuport antar perguruan agar tumbuh berkembang untuk mewujudkan Jombang aman dan kondusif,” tandasnya.

Kapolres Jombang, AKBP Boby Pa’ludin Tambunan, meminta kepada seluruh perguruan Pencak Silat di Jombang untuk tetap guyub, rukun dan Damai untuk Jawa Timur dan menuju Indonesia Damai.

“Kalau ada informasi atau berita hoaks di media sosial yang sekiranya akan menggangu Kamtibmas, agar kiranya dapat memberitahukan ke pihak kepolisian. Hal itu untuk mengantisipasi adanya bentrokan, gesekan, baik antar sesama perguruan pencak silat maupun dengan masyarakat,” kata mantan Kapolres Bangkalan ini.

Menurut Boby, seorang pesilat tidak hanya semata-mata menjadi pendekar yang jagoan. Akan tetapi, pendekar yang menjadi teladan dan mampu berbuat baik bagi bangsa dan Negara Indonesia.

“Mudah-mudahan acara malam ini juga membuat kita Guyub, Rukun, dan Damai,” tandas Boby disambut tepuk tangan oleh para tamu undangan.

Sementara itu, Wabup Sumrambah menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Jombang akan terus mendukung para pencak silat untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif.

“Atas nama pemerintah kabupaten Jombang, kami menyampaikan terima kasih kepada bapak Kapolres yang menginisiasi kegiatan positif ini. Tentunya kami mendukung sepenuhnya, untuk menciptakan Jombang yang aman dan kondusif,” pungkas Sumrambah.

FOTO: Wabup Sumrambah memberikan sambutan di acara cangkruan kamtibmas bersama paguyuban pencak silat di Mapolres Jombang. (Zainul Arifin/Jombang)

Editor: Hafid