Ops Angkutan Lebaran 2019, Dishub Jombang: Ban Gundul Dilarang Jalan

JOMBANG (Jurnaljatim.com) – Dinas perhubungan (Dishub) Kabupaten Jombang menggelar operasi gabungan pemeriksaan dan kesehatan 2019. Sejumlah kendaraan dengan kondisi ban tidak layak berhasil ditindak Dishub di Terminal Kepuhsari, Desa Keplaksari, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, Selasa (28/5/2019) siang.

Kepala Dishub melalui Kepala Bagian (Kabag) Angkutan dan Armada jalan, Eko, mengatakan operasi berhasil mendapati sejumlah armada dengan kondisi ban tipis. Karenanya kendaraan-kendaraan tersebut tidak diperkenankan untuk jalan.

“Bagi yang ban nya gundul berdasarkan surat edaran tidak diperbolehkan melanjutkan perjalanan,” kata Eko kepada awak media.

Lanjut Eko, bus dengan ban gundul diberhentikan, penumpangnya diturunkan untuk kemudian dinaikkan pada bus lainnya. “Sementara ini ada tiga bus dengan ban gundul, kita berikan opsi turunkan , terus , atau ganti ban pada saat itu juga,” katanya.

Terkait kondisi sopir, Eko menjelaskan usai dilakukan pemeriksaan tidak ada kejanggalan. Hanya saja tensi darah ada yang naik dan turun tergantung faktor kelelahannya. “Tidak ada temuan memakai alkohol,” terang eko.

Secara garis besar kegiatan operasi bertujuan untuk memberikan rasa aman dan keselamatan . Harapannya penumpang bisa selamat, aman dan nyaman saat melaksanakan mudik dan balik lebaran. Kalau kendaraan tidak layak jalan akan menjadi kerugian bagi penumpang.

Senada, Kapolres Jombang AKBP Fadly Widiyanto juga menuturkan pihaknya akan segera melakukan operasi simpatik. Ditujukan mengecek kesiapan armada angkutan, termasuk sopir dengan melakukan dan kelengkapan administrasinya.

“Sehingga tidak membahayakan bagi penumpang,” terang Kapolres seusai gelar operasi ketupat di Mapolres Jombang pada pagi hari.


Editor: Hafid